Implementasi Pendidikan Aswaja Dalam Meningkatkan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Di Madrasah Aliyah Ma’arif Nu Kota Blitar

Mubarok, Ibnu (2020) Implementasi Pendidikan Aswaja Dalam Meningkatkan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Di Madrasah Aliyah Ma’arif Nu Kota Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114115 prabab.pdf

Download (794kB)
[img] Text
932114115 bab1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932114115 bab2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932114115 bab3.pdf

Download (204kB)
[img] Text
932114115 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
932114115 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
932114115 bab6.pdf

Download (208kB)
[img] Text
932114115 daftar pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932114115 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk mencurahkan kemampuan dan waktunya serta merupakan tempat yang memiliki andil besar dalam pembentukan kepribadian seseorang. Karenanya, lingkungan sekolah merupakan tempat yang tepat untuk membekali karakter siswa sehingga dapat meminimalisir atau bahkan menanggulangi segala bentuk yang bersinggungan dengan karakter bangsa. Upaya sekolah dalam meningkatkan karakter siswa adalah adanya pendidikan aswaja, adapun beberapa poin yang diajarkan dalam pendidikan aswaja adalah kereligiusan dan toleransi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter religius dan toleransi siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kota Blitar. Kemudian tujuan penelitian ini yaitu supaya tahu penerapan pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter religius dan toleransi siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dalam menganalisis, peneliti menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter religius siswa di MA Ma’ari NU Kota Blita a) Adanya bahan ajar yang berisikan materi terkait amaliyah-amaliyah aswaja Nahdhiyah b) Dilaksanakannya pembiasaan yang dilakukan oleh seluruh siswa guna meningkatkan karakter religius. 2) Penerapan pendidikan aswaja dalam meningkatkan karakter toleransi siswa di MA Ma’arif NU Kota Blitar a) Materi ajar terkait toleransi b) Pembiasaan dilingkungan madrasah dan d) Adanya PKL untuk membiasakan diri untuk toleransi dilingkungan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:42
Last Modified: 27 Dec 2021 01:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item