Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X Di SMK Muhammadiyah 1 Kediri

Tsaniyah, Nafi'atuts (2020) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X Di SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109716 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109716 bab1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
932109716 bab2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
932109716 bab3.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932109716 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
932109716 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
932109716 bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932109716 daftar pustaka.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932109716 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran daring ialah pembelajaran yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan media internet. Munculnya pandemi virus yang melanda secara global tidak terkecuali di Indonesia, membuat pembelajaran daring dijadikan solusi oleh pemerintah agar proses pembelajaran di kelas dapat tetap berlangsung. Oleh karena itu, pembelajaran daring di implementasikan pada setiap jenjang pendidikan. Fokus permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah, bagaimana kebijakan kepala sekolah mengenai pembelajaran daring yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 1 Kediri, bagaimana implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Kediri, bagaimana dampak pembelajaran daring bagi peserta didik kelas x SMK Muhammadiyah 1 Kediri, serta bagaimanacara mengatasi hambatan yang terjadi pada pembelajaran daring di SMK Muhamaadiyah 1 Kediri. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan pendapat Miles dan Huberman yakni dengan tiga cara: pertama, reduksi data. kedua, penyajian data. Ketiga, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah merumuskan 5 kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Muhammadiyah 1 Kediri yakni meliburkan sekolah, pelaksanaan pembelajaran daring yang tidak memberi tugas yang memberatkan peserta didik, pemberian paket data kepada peserta didik secara gratis, guru tetap hadir disekolah dengan mematuhi protokol kesehatan dengan memanfaatkan personal computer di laboratorium komputer dan wifi sekolah, serta menetapkan tata tertib saat pembelajaran daring berlangsung. Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Kediri dilakukan dengan memanfaatkan google form, google classroom, whatsapp, video call, dan youtube. Hal ini memberi dampak kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, kendala susah sinyal dan paket data, sedangkan kendala guru yang kurang dapat mengausai teknologi membuat pembelajaran hanya berlangsung monoton dengan penugasan. Solusi atas hambatan ini yakni kepala sekolah berupaya untuk melakukakan sosialisai tentang pembelajaran daring, sehingga guru yang kurang menguasai teknologi dapat terbantu memahami teknologi, selain itu para guru saling membantu menyajikan materi melalui aplikasi, sedangkan peserta didik diberikan paket data gratis oleh sekolah dan diberi keringanan dalam pengumpulan tugas jika terkendala sinyal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Dec 2021 10:15
Last Modified: 21 Dec 2021 10:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2967

Actions (login required)

View Item View Item