Peran Perencanaan Strategis Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada CV. Sapindelick Kediri Dalam Tinjauan Manajemen Syariah

Mifthahurrohmah, Novi (2020) Peran Perencanaan Strategis Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada CV. Sapindelick Kediri Dalam Tinjauan Manajemen Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931315516 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931315516 bab1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
931315516 bab2.pdf

Download (497kB)
[img] Text
931315516 bab3.pdf

Download (221kB)
[img] Text
931315516 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
931315516 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
931315516 bab6.pdf

Download (297kB)
[img] Text
931315516 daftar pustaka.pdf

Download (417kB)
[img] Text
931315516 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang semakin maju membuat persaingan menjadi semakin ketat. Persaingan tersebut mau tidak mau harus mampu diatasi oleh setiap pelaku bisnis. Dan salah satu cara untuk mengatasi ketatnya persaingan adalah dengan membuat perencanaan strategis yang tepat dan efektif sehingga perusahaan mampu mengatasi berbagai permasalahan yang muncul. Perencanaan strategis yang tepat akan membantu perusahaan untuk menentukan arah dan tujuan dari perusahaan yang dijalankan, dengan begitu perusahaan tidak akan mudah goyah dan tetap terjaga keberlangsungannya. Perencanaan strategis yang tepat juga akan meningkatkan daya saing dari perusahaan tersebut, sehingga perusahaan tersebut dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Perusahaan yang berdaya saing tinggi akan memiliki nilai lebih di mata konsumen. Selain perencanaan strategis, juga harus diperhatikan aspek lain dalam manajemen agar daya saing perusahaan semakin meningkat. Diantara aspek manajemen yang patut diterapkan adalah manajemen syariah, karena manajemen syariah memuat aspekaspek dan orientasi yang akan mendorong kepada keadilan umat. Penelitian ini dilakukan di CV. Sapindelick Kediri, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga metode dalam pengumpulan datanya, diantara adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Perencanaan strategis yang dilakukan oleh CV. Sapindelick sangat relevan untuk digunakan karena dengan melakukan tahapan-tahapan yang runtut seperti penentuan visi misi, pengembangan profil perusahaan, menganalisa lingkungan eksternal dan internal, pengembangan strategi yang digunakan perusahaan, dan evaluasi. Sehingga perencanaan CV.Sapindelick dikatakan mampu meningkatkan daya saing perusahaannya ditengah ketatnya persaingan di pasar. 2) Karena umat Islam dituntut untuk menerapkan tatanan kehidupan sesuai dengan syariat, termasuk dalam hal berbisnis, maka CV. Sapindelick dapat dikatakan sudah menerapkan manajemen syariah dengan baik seperti dengan tidak mengutamakan nilai materi semata, menjaga pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan dengan benar, dan mencari keberkahan dari Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:09
Last Modified: 01 Dec 2021 02:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2868

Actions (login required)

View Item View Item