Pengaruh Kelompok Pertemanan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Kasus Pada Mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2012 Pengguna Smartphone Android)

MAYASARI, LIA (2015) Pengaruh Kelompok Pertemanan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Kasus Pada Mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2012 Pengguna Smartphone Android). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_TABULASI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)

Abstract

Kelompok pertemanan memiliki peran yang spesial sebagai kelompok acuan dan bahkan menggantikan peran keluarga dalam pengambilan keputusan dan perilaku konsumsi. Pengaruh kelompok paling kuat ketika penggunaan produk atau merek terlihat oleh kelompok. Seorang mungkin memiliki motivasi kuat untuk mengikuti perilaku kelompok acuannya karena adanya keinginan untuk masuk dan diterima oleh kelompok acuan tersebut, begitu pula dalam pembelian smartphone android. Kelompok pertemanan bisa menjadi motivasi bagi konsumen untuk melakukan pembelian smartphone android ketika kelompok pertemanan konsumen telah banyak yang menggunakan smartphone android. Seorang konsumen yang mulai timbul minatnya akan terdorong untuk mencari informasi mengenai produk. Kelompok pertemanan dalam hal ini merupakan sarana pencarian informasi yang paling dekat dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok pertemanan terhadap keputusan pembelian smartphone android oleh mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu primer diperoleh dari jawaban responden melalui angket, dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi yang telah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012 yang menggunakan smartphone android sebanyak 78 mahasiswa. Sampel ditentukan berdasarkan teori Isaac dan Michael, dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan teori tersebut yang paling mendekati angka N=78 adalah N=80, maka diperoleh jumlah sampel (s) sebesar 65. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu meliputi: uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi sederhana, pengujian hipotesis melalui analisis korelasi, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi antara kelompok pertemanan dengan keputusan pembelian smartphone android oleh mahasiswa STAIN Kediri Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2012 sebesar 0,615 mempunyai makna bahwa hubungan antara kelompok pertemanan terhadap keputusan pembelian termasuk dalam kriteria kuat, signifikan, dan searah. Analisis regresi menunjukkan hasil Y = 10,427 + 0,747 X + e, yang berarti jika variabel kelompok pertemanan naik satu satuan maka tingkat keputusan pembelian akan naik sebesar 0,747. Nilai R Square adalah 0,378, R Square dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 37,8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh kelompok pertemanan dan sisanya 62,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, diantaranya: kepribadian, gaya hidup, pekerjaan dan lingkungan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:21
Last Modified: 21 Mar 2019 07:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item