Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2014 - 2018

Masliha, Defi (2020) Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2014 - 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931410916 prabab.pdf

Download (506kB)
[img] Text
931410916 bab1.pdf

Download (423kB)
[img] Text
931410916 bab2.pdf

Download (870kB)
[img] Text
931410916 bab3.pdf

Download (307kB)
[img] Text
931410916 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
931410916 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
931410916 bab6.pdf

Download (331kB)
[img] Text
931410916 daftar pustaka.pdf

Download (367kB)
[img] Text
931410916 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)

Abstract

Rasio profitabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Rasio leverage merupakan pengukur besarnya aktiva yang dibiayai dengan hutang. Kedua rasio ini dapat mempengaruhi perusahaan dalam mengungkapkan tanggungjawab sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi proitabilitas yang diproksi menggunakan Return On Asset (ROA), leverage yang diproksi menggunakan Debt Equity Ratio (DER) dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada di Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia. Dan mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan CSR pada BUS di Indonesia Tahun 2014 – 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis korelasi dan regresi linear berganda. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dengan sampel sebanyak 70 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA pada BUS dalam keadaan cukup bail, DER pada BUS dalam keadaan ideal dan program CSR pada BUS bisa dikatakan baik. Hasil perhitungan Uji t menunjukkan pengaruh variabel profitabilitas (X1) terhadap pengungkapan CSR (Y) sebesar 0,216 yang artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara profitabilitas (X1) terhadap pengungkapan CSR (Y). dan pengaruh variabel leverage (X2) terhadap pengungkapan CSR (Y) sebesar 0,001 yang artinya leverage (X2) berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR (Y). sedangkan variabel profitabilitas (X1) dan leverage (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR (Y). kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 27,9%, dan 72,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:36
Last Modified: 16 Nov 2021 04:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2731

Actions (login required)

View Item View Item