Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk “Modal Usaha Barokah” Di BMT-UGT Sidogiri Capem Mojo-Kediri

Istiningrum, Dian Yuliana (2017) Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk “Modal Usaha Barokah” Di BMT-UGT Sidogiri Capem Mojo-Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931302313 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931302313 bab1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
931302313 bab2.pdf

Download (328kB)
[img] Text
931302313 bab3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
931302313 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
931302313 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
931302313 bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
931302313 daftar pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
931302313 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pasca berdirinya Bank Muamalat Indonesia, timbul peluang penting untuk mendirikan Bank-Bank yang berprinsip syari’ah. Begitu juga dengan BPRS dan BMT ditengah-tengah masyarakat. Berdirilah BMT-UGT Sidogiri Capem Mojo Kediri bersamaan dengan pesatnya industri perbankan syari’ah. Untuk menimbulkan suatu perilaku dari konsumen pra manajer pemasaran seharusnya melakukan promosi produk. Dari hal itu juga dapat menjaga ikatan hubungan yang kuat antar nasabah dengan pegawai serta mengetahui kebutuhan konsumen yang mereka inginkan. Promosi diartikan sebagai usaha untuk mengkomunikasikan informasi persuasif kepada konsumen berprospek, baik secara langsung atau tidak langsung, dengan tujuan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Ada beberapa komponen promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualan personal. Keputusan menjadi nasabah merupakan bagian dari perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologi yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan kegiatan mengevaluasi. Dalam pengambilan keputusan konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terdiri dari faktor internal dan faktor ekternal. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode Simple random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 177 nasabah dari tabel Issac&Michael.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara promosi terhadap keputusan menjadi nasabah BMT-UGT Sidogiri Capem Mojo Kediri. Hal ini terlihat dari signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai konstanta dalam uji regresi linier sederhana sebesar 31,698, sedangkan koefisien regresi promosi adalah 0,350. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa jika promosi meningkat maka akan meningkatkan pengambilan keputusan untuk menjadi nasabah Koperasi BMT-UGT Sidogiri Capem Mojo Kediri. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan 46,8% keputusan menjadi nasabah BMT-UGT Sidogiri Capem Mojo Kediri dipengaruhi oleh promosi. Hal ini membuktikan bahwa promosi sangat efektif untuk mendorong umat muslim memutuskan untuk menjadi nasabah pada lembaga syariah. Sisanya adalah 53,2% yang dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas pelayanan, citra lembaga, lokasi, produk, harga dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:26
Last Modified: 15 Nov 2021 02:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2702

Actions (login required)

View Item View Item