Strategi Pemasaran Buah Jeruk Lokal Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Pasar Daerah Kota Blitar)

Lestari, Erwina Yanuari (2018) Strategi Pemasaran Buah Jeruk Lokal Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Pasar Daerah Kota Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931302310 prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931302310 bab1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
931302310 bab2.pdf

Download (285kB)
[img] Text
931302310 bab3.pdf

Download (304kB)
[img] Text
931302310 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
931302310 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
931302310 bab6.pdf

Download (113kB)
[img] Text
931302310 daftar pustaka.pdf

Download (146kB)

Abstract

Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki prospek baik untuk dikembangkan dan telah dikenal oleh masyarakat luas.Buah jeruk memiliki citarasa, aroma, kesegaran, dan sumber vitamin bagi tubuh, sehingga sangat digemari dan menjadi buah favorit keluarga. Buah jeruk merupakan salah satu komoditas hortikultura yang fancy, pada saat tertentu suatu jenis buah menjadi populer dan banyak dikonsumsi dan pada saat yang lain berkurang konsumsinya. Selain itu, konsumsi buah-buahan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen menuntut adanya kuantitas, kualitas, kontinuitas, dan harga produk yang baik.Namun demikian eksistensi buah jeruk lokal saat ini mendapatkan tantangan karena hadirnya buah jeruk impor yang memiliki beberapa keunggulan daripada buah jeruk lokal.Maka dibutuhkan strategi pengembangan usaha dalam pemasaran buah jeruk lokal agar bisa bersaing dengan buah jeruk impor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, bersifat studi lapangan. Dalam pengambilan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kata-kata yang diperoleh dari wawancara merupakan data utama dalam penelitian ini, dimana informan yang dipilih karena memiliki pengetahuan yang memadai tentang buah jeruk lokal. Pedagang yang dipilih adalah pedagang yang hanya menjual buah jeruk lokal di lapaknya.Setelah dilakukan seleksi sesuai kriteria dan kesediaan informan menjadi sumber data penelitian, maka terpilihlah masing-masing tiga pedagang jeruk di tiap pasar,dua pemborong buah jeruk yang sekaligus pemasok buah jeruk serta dua petani buah jeruk lokal, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa (1) Strategi pemasaran buah jeruk lokal yang dilakukan oleh pedagang buah jeruk dengan acuan marketing mix atau bauran pemasaran dimana para pedagang melakukan pengembangan pemasaran dengan cara yang sudah ada sejak dulu. (2) Dalam perspektif etika bisnis Islam, model pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang buah jeruk yang ada di tiga pasar menunjukkan ada beberapa pedagaang yang sudah sesuai dengan ajaran etika dalam ekomoni Islam. Beberapa para pedagang dalam memasarkan buah jeruk lokal kepada konsumen sudah berlaku jujur, adil dalam menimbang barang, dan berkata apa adanya tentang kondisi buah jeruk yang dijual. Temuan penelitian menunjukkan para pedagang tidak berbohong, menipu, manipulasi, mengambil kesempatan dalam kesempitan, dalam berdagang buah jeruk tersebut. Namun masih ada juga pedagang buah jeruk lokal yang tidak peduli dengan hal ini di karenakan mereka yang masih menginginkan keuntungan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:25
Last Modified: 15 Nov 2021 02:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item