Dampak Pembelajaran Online Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Man 5 Kediri Di Era Pandemi Covid 19

Lestari, Astriani (2021) Dampak Pembelajaran Online Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Man 5 Kediri Di Era Pandemi Covid 19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103617 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932103617 BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932103617 BAB II.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932103617 BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932103617 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
932103617 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
932103617 BAB VI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932103617 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932103617 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) dampak pembelajaran online terhadap pengembangan karakter siswa ketika mata pelajaran akidah akhlak di MAN 5 Kediri era pandemi covid 19 (2) karakter yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran online ketika pandemi covid 19 di MAN 5 Kediri (3) Hambatan-hambatan apa saja yang ditemukan dalam proses pengembangan karakter melalui pembelajaran online di MAN 5 Kediri era pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus yang bersifat deskriptif, dimana peneliti menggali secara mendalam pada objek penelitian. Pada penelitian ini peneliti menggunakan dua metode dalam memperoleh data, yaitu observasi dan wawancara. Sedangkan untuk analisis data menggunaan teknik analisis naratif dengan langkah-langkah reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada dampak yang terjadi dalam pengembangan karakter peserta didik selama pandemi covid-19 ini, diantaranya (1) Ada dampak sosial berupa perubahan sikap, tanggung jawab dan juga kedisiplinan. Yang kedua dampak pengetahuan berupa Analytical thinking (AT), Conceptual thinking (CT) dan Expertise (EXP). (2) Karakter yang diembangan selama adanya pandemi covid-19 ini, diantaranya kedisiplinan, tanggung jawab dan juga kemandirian kepada peserta didik agar dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tidak berbeda jauh seperti pembelajaran luring (luar jaringan). (3) Adanya hambatan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dan juga proses pengembangan karakter peserta didik yang dialami guru karena sinyal internet yang sulit dan juga jarak yang terlalu jauh dengan peserta didik. Diharapkan penelitian ini bisa bermanfaat untuk keilmuan kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:19
Last Modified: 30 Sep 2021 02:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2596

Actions (login required)

View Item View Item