Konsep Pendidikan Akhlak dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Syekh Az-Zarnuji Pada Kitab Ta’limul Muta’allim dan KH. Hasyim Asy’ari pada Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim)

Roza'in, Elvin Ainun (2021) Konsep Pendidikan Akhlak dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Syekh Az-Zarnuji Pada Kitab Ta’limul Muta’allim dan KH. Hasyim Asy’ari pada Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932137717 prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932137717 BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
932137717 BAB II.pdf

Download (657kB)
[img] Text
932137717 BAB III.pdf

Download (721kB)
[img] Text
932137717 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
932137717 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
932137717 BAB VI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932137717 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Konsep pendidikan akhlak merupakan sebuah rancangan atau upaya dalam menciptakan sebuah tujuan membangun karakter manusia. Namun jika dilihat pada saat ini, banyak sekali anak pelajar banyak yang krisis pendidik moral, akhlak, dan etika dalam menuntut ilmu. Bahkan pada saat ini banyak sekali peristiwa ataupun kasus-kasus antar pendidik dan seorang peserta didik. Hal ini tentu menjadi masalah yang harus segera diselesaikan. Banyak nilai-nilai ilmu pendidikan yang mulai tenggelam dan dilupakan seperti pendidikan etika, karakter dan akhlak. Pendidikan tersebut mulai dilupakan karena anak pada saat ini dan dari orang tua siswa kebih mengejar pemahaman dan pengetahuan umum saja tanpa memikirkan bagaimana pentingnya sebuah ilmu yang di barengi dengan pendidikan karakter, etika dan akhlak yang baik. Dan dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah yang akan penulis bahas yaitu: 1. Apa definisi dari konsep pendidikan akhlak secara umum, 2. Bagaimana konsep pendidikan akhlak perspektif Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Wal Muta’allim, 3. Bagaimana konsep pendidikan akhlak perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, 4. Bagaimana perbandingan konsep pendidikan akhlak perspektif Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan dengan teknik analisis datanya menggunakan content analisys atau analisis isi.yang memfokuskan pada pemikiran tokoh (Research Thinking of Character) Data tersebut diperoleh dari sumber data primer berupa kitab Ta’alimul Muta’allim dan Adabul ‘Alim Wal Muta’allim tentang konsep pendidik akhlak yang didukung dengan beberapa sumber data sekunder yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa dalam pemikiran Syekh Az-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari dalam kitabnya menjelaskan beberapa konsep akhlak dan nilai-nilai akhlak yang harus dimiliki oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai sebuah kemanfaatan dalam proses menuntut ilmu. Sehingga dalam proses pendidikan tercipta sebuah komunikasi yang baik dan mengasilkan sebuah pembelajaran yang tidak sia-sia. Dengan mengkaji isi kitab dari pemikira kedua tokoh yang relevan dengan pendidikan pada saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:59
Last Modified: 27 Sep 2021 04:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item