Evaluasi Pembentukan Suasana Akademik Peserta didik di MTsN 1 Kota Kediri Melalui Sistem Pembelajaran Digital

Nisa', Asna Lu'luin (2021) Evaluasi Pembentukan Suasana Akademik Peserta didik di MTsN 1 Kota Kediri Melalui Sistem Pembelajaran Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105817 pra,1,2,3.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932105817 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
932105817 6,dp.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932105817 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana evaluasi context dalam pembentukan suasana akademik melalui sistem pembelajaran digital di MTsN 1 Kota Kediri. 2) Bagaimana evaluasi input dalam pembentukan suasana akademik melalui sistem pembelajaran digital di MTsN 1 Kota Kediri. 3) Bagaimana evaluasi process dalam pembentukan suasana akademik melalui sistem pembelajaran digital di MTsN 1 Kota Kediri. 4) Bagaimana evaluasi product dalam pembentukan suasana akademik melalui sistem pembelajaran digital di MTsN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) yang dipopulerkan oleh Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap kegiatan diantarannya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah lengkap kemudian divalidasi dengan dilakukan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen: 1) Context yakni madrasah telah memahami sistem pembelajaran digital dengan baik. Legalitas program telah sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dukungan lingkungan sangat mendukung dalam pembelajaran digital. Tujuan program yaitu untuk melatih berfikir kritis dan inovatif peserta didik. 2) Input yakni SDM di madrasah saling berkolaborasi dengan baik dalam pelaksanaan pembelajaran digital. Sarana prasarana pendukung telah memadahi secara optimal. Sumber dana berasal dari pemerintah pusat dan ada bantuan kuota internet kepada peserta didik. 3) Process yakni pelaksanaan pembelajaran dilakukan online sepenuhnya dengan menggunakan E-Learning madrasah dan aplikasi-aplikasi online lainnya seperti whatsapp, google form, youtube, dan lain sebagainya. Monitoring pembelajaran daring dilakukan secararutin oleh kepala madrasah dan pihak server IT. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran digital sangat beragam. 4) Product yakni pemahaman dan kriteria suasana akademik dalam pelaksanaan sistem pembelajaran digital dalam indikator suasana pembelajaran di kelas mendapat nilai 80% dan memperoleh kategori tinggi. Dalam indikator hubungan antar warga kelas mendapat nilai 86% dan memperoleh kategori tinggi. Dalam indikator aktivitas belajar mengajar mendapat nilai 93% dan memperoleh kategori sangat tinggi. Dalam indikator kedisiplinan siswa di dalam kelas mendapat nilai 70% dan memperoleh kategori tinggi. Dalam indikator pembelajaran online mendapat nilai 73% dan memperoleh kategori tinggi. Dalam beberapa indikator mendapatkan hasil perhitungan rata-rata hasil lembar observasi sebesar 80,4 yang memiliki kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:30
Last Modified: 13 Sep 2021 04:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item View Item