Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Akidak Akhlak Di Mts Syekh Subakir Di Kabupaten Blitar

Permai, Winda (2020) Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Akidak Akhlak Di Mts Syekh Subakir Di Kabupaten Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110116 - pra,1,2,3.pdf

Download (637kB)
[img] Text
932110116 - 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
932110116 - 6,dp.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932110116 - lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam melaksanakan tugas mengajarnya, kompetensi guru Akhidah Akhlak dalam mengajar diamati siswa sehingga menimbulkan persepsi siswa terhadap kompetensi professional guru. Persepsi tersebut akan berpengaruh pada minat belajar, sehingga persepsi tersebut menjadi faktor untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dengan kata lain, rendahnya minat belajar peserta didik dikarenakan oleh faktor pengajaran guru dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Akidak akhlak di MTs Syekh Subakir di Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa kelas IX di MTs Syekh Subakir. Simple romdom sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel secara acak. Dua angket dengan skala Likert digunakan untuk mencari data dalam penelitian ini. Pertama, angket yang berisi tentang penyataan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru akhidah akhlak, dan kedua adalah minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata dari perspesi siswa terhadap kompetensi professional guru adalah 62,43. Perspesi siswa terhadap kompetensi professional guru di didominasi oleh persepsi yang cukup baik (N=33; 33%). 37% dari total sampel memiliki persepsi terhadap kompetensi professional guru yang lebih dari cukup baik. Sedangkan 33% siswa memiliki persepsi yang kurang baik. Kemudian, Rata-rata (Mean) minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak senilai 70,09. Minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di didominasi oleh persepsi yang cukup baik (N=37) yaitu sebesar 37%. 26% siswa memiliki minat belajar yang baik. Sebanyak 33% siswa memiliki minat belajar berkategori kurang baik. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi professional guru terhadap minat belajar siswa (Fhitung > Ftabel (37,470>3,94); p < 0,05 (0,000 < 0,05). Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Persepsi siswa tentang kompetensi professional guru terhadap minat belajar siswa berhubungan dan memiliki korelasi yang cukup kuat (R=0,526). Kemudian, kompetensi profesional menyumbang pengaruh sebesar 27,7 % terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:13
Last Modified: 13 Sep 2021 04:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item View Item