Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Sma Negeri 6 Kota Kediri

Zulfatulloh, Ni’ma Munaki (2021) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Sma Negeri 6 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138814 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932138814 1,2,3.pdf

Download (502kB)
[img] Text
932138814 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
932138814 6,dp.pdf

Download (99kB)
[img] Text
932138814 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kota Kediri, (2) untuk memperoleh gambaran tentang akhlak siswa di SMA Negeri 6 Kota Kediri, dan (3) untuk mengetahui adakah Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa SMA Negeri 6 Kota Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 6 Kediri yang berjumlah 1216 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 219 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan prasyarat uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kota Kediri sudah berjalan dengan baik. Sebanyak 53,4% atau 117 siswa memiliki persepsi untuk Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kediri dengan kategori baik, (2) akhlak siswa di SMA Negeri 6 Kota Kediri sudah baik. Sebanyak 52,1% atau 114 siswa mempunyai akhlak dengan kategori baik, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa SMA Negeri 6 Kota Kediri. Nilai t yang didapatkan sebesar 16,846 dengan tingkat signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai R Square 0,567 menunjukkan kemampuan variable Pendidikan Agama Islam dalam menjelaskan perubahan atau variasi pada variable akhlak sebesar 56,7% sedangkan sisanya sebesar 43,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Aug 2021 02:47
Last Modified: 24 Aug 2021 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item