Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII Excelent di MTs Negeri 2 Kediri

Setyaningrat, Eka (2016) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII Excelent di MTs Negeri 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104312 prabab.pdf

Download (735kB)
[img] Text
932104312 bab1.pdf

Download (423kB)
[img] Text
932104312 bab2.pdf

Download (577kB)
[img] Text
932104312 bab3.pdf

Download (474kB)
[img] Text
932104312 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
932104312 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
932104312 bab6.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932104312 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932104312 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)

Abstract

Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar meliputi faktor intern salah satunya motivasi, kematangan, kesiapan dan kedisiplinan dalam belajar, serta faktor ekstern seperti keluarga, masyarakat, guru, sarana dan prasarana sekolah. Motivasi adalah suatu perubahan energi didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif atau perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Permasalahan yang akan dikaji adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VII Excelent Di MTsN 2 Kediri? 2) Seberapa besar pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII Excelent Di MTsN 2 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VII Excelent di MTsN 2 Kediri yang berjumlah 96 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah sampel 75 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VII excelent di MTsN 2 Kediri. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar aqidah akhlak sebesar 13,0%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah Y= 83,396 + 0,019.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 May 2021 04:13
Last Modified: 11 May 2021 04:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item