Analisis Isi Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam Bagi Guru Dan Siswa Dalam Kurikulum 2013 Kelas 1 MTs

SABATINI, MELY SABRINA (2016) Analisis Isi Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam Bagi Guru Dan Siswa Dalam Kurikulum 2013 Kelas 1 MTs. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111712 - Pra BAB.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932111712 - BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
932111712 - BAB II.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932111712 - BAB III.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932111712 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
932111712 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
932111712 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
932111712 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932111712 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Analisis Buku Teks, Sejarah Kebudayaan Islam, Kurikulum 2013 Skripsi ini membahas sajian materi pada buku guru dan buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam MTs terbitan Kementerian Agama. Kajian ini dilatarbelakangi akibat banyaknya buku teks yang beredar dipasaran dan tentunya ada keterbatasan waktu dalam penyusunannya yang telah di tetapkansehingga, tidak menutup kemungkinan bahkan bisa dikhawatirkan banyak ditemukan buku yang kurang atau tidak sesuai serta kecukupan materiyang digunakan peserta didik dan guru. Penelitian ini adalah penelitian analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi materi buku guru dan buku siswa yang digunakan MTsterbitan Kementerian Agama dilihat pada aspek kesesuaian buku guru dan kesesuaian serta kecukupan materi pada buku siswa terhadap KDdan indikator. Analisis yang digunakan yaitu kajian mendalam terhadap buku teks yang diteliti. Dari data tersebut diperoleh hasil bahwa sajian isi materi pada aspek kesesuaian buku guru adanya KD yang belum dipaparkan indikatornyayang mengandung dimensi ketrampilan, kegiatan pembelajaran masih belum menerapkan pendekatan saintifik secara penuh dan segi penilaian terdiri dari sikap yang masih tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dari segi ketrampilan juga masih belum sesuai terdapat tiga bab sedangkan dua bab sudah sesuai dengan penilaian authentic. Dan dari segi kognitif secara keseluruhan sudah baik. Pada buku siswa aspek kesesuaian materi dan kecukupan materi kurang baik; aspek kesesuaian materi indikator yang dipaparkan masih tidak sistematis dan adanya KD yang belum dipaparkan indikatornyasehingga berakibat pada tujuan pembelajaran. Dan kedua, pada aspek kecukupan materi; Secara keseluruhan materi dari segi keluasan dan kedalaman yang dipaparkan kurang baik karena ada beberapa materi yang kurang sesuai dengan indikator yang dipaparkan yaitu banyaknya materi pada domain psikomotor yang belum dipaparkan meskipun telah dipaparkannya indikator yang akan dicapainamun telah dipaparkan indikatornya dan materi yang terlalu singkat sehingga condong dalam aspek kognitif. Secara umum materi yang disajikan dalam buku Sejarah Kebudayaan Islam yang digunakan MTs terbitan Kementerian AgamakaranganYun Yun Yunadi dari buku guru dan karangan dari Mohammad Amin Thohari, Siti Nadhroh dan Yun Yun Yunadidari buku siswa inikurang baik, banyak kekurangan yang terdapat pada indikator yang tidak sistematis, kegiatan pengamatan yang kurang mendukung antara buku guru dengan buku siswa, kurangnya kegiatan analisa sehingga pembelajaran masih dalam taraf bersifat tekstual dan banyaknya materi pada domain psikomotor yang belum dipaparkan meskipun telah dipaparkannya indikator yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:13
Last Modified: 15 Feb 2021 03:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2161

Actions (login required)

View Item View Item