Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Plemahan

ANAM, M. KHOIRUL (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Plemahan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108116 Pra BAB.pdf

Download (974kB)
[img] Text
932108116 BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
932108116 BAB II.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932108116 BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932108116 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
932108116 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
932108116 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
932108116 Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932108116 Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANAM, M. KHOIRUL, 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Plemahan. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Drs. MOH. IRFAN BURHANI, M.Psi. dan (2) IMRON MUZAKKI, M.Psi. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Prestasi Belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Prestasi belajar sangat penting dalam dunia pendidikan karena dapat dijadikan tolok ukur untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Prestasi belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor internal dan eksternal, salah satu faktor internal yang mempengaruhi ialah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Selain kecerdasan emosional, prestasi belajar juga dipengaruhi oleh motivasi belajar, motivasi belajar adalah daya upaya dalam diri siswa yang mendorongnya untuk menguasai pengetahuan demi keberhasilan yang dicita-citakannya untuk menjadi pribadi yang seutuhnya. Penelitian ini untuk mengetahui 1) adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan. 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan. 3) adakah pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan yang beragama Islam dengan jumlah 281 siswa. Jumlah sampel sebanyak 163 ditentukan dengan rumus Issac dan Michael dan dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kecerdasan emosional dan angket motivasi belajar sedangkan untuk mendapatkan prestasi belajar diperoleh dari hasil ujian yang dilakukan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana (Uji T) dan regresi linier berganda (Uji F) dengan bantuan SPSS 21. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar dengan nilai Sig 0,000<0,05 dan diperoleh nilai r sebesar 0,533 dan r² 0,284 yang bermakna kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar sebesar 28,4%, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai sig 0,000<0,05 dan nilai r 0.807 dan r² 0.651 yang berarti kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 65,1%, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. 3). Ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai sig 0,000<0,05 dan nilai r 0.818 dan r² 0.669 yang berarti kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 66,9%, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:40
Last Modified: 15 Feb 2021 02:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item