Dakwah Persuasif Dalam Membantu Klien Berperilaku Normatif di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Karya Wanita Kediri

Sari, Fifi Listia (2018) Dakwah Persuasif Dalam Membantu Klien Berperilaku Normatif di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Karya Wanita Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933504114 Prabab.pdf

Download (732kB)
[img] Text
933504114 Bab 1.pdf

Download (579kB)
[img] Text
933504114 Bab 2.pdf

Download (613kB)
[img] Text
933504114 Bab 3.pdf

Download (426kB)
[img] Text
933504114 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
933504114 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
933504114 Bab 6.pdf

Download (7kB)
[img] Text
933504114 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
933504114 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)

Abstract

Komunikasi efektif apabila menimbulkan feedback sesuai yang diharapkan komunikator. Ajakan di jalan Allah tidak selalu berbentuk ceramah di masjid. Namun, semua kegiatan yang menyeru fii sabiillah. Terjangkitnya masalah sosial terutama prostitusi merupakan masalah yang berskala nasional mengingat dampak yang ditimbulkan. UPT Rehabilitasi Sosial Bina Karya Wanita adalah satu-satunya UPT yang menangani masalah sosial terutama prostitusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara dakwah persuasif, hasil perkembangan sikap klien terhadap pekerjaan lamanya, dan faktor yang mempengaruhi cara yang digunakan da’i. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder di Dinas Sosial Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Karya Wanita Kediri. Data akan dianalisa dengan analisis Miles and Huberman menggunakan landasan teori komunikasi persuasif, dakwah, dan sikap. Dinas Sosial Jawa Timur Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Bina Karya Wanita Kediri memberikan kegiatan bimbingan mental, bimbingan sosial, bimbingan fisik, bimbingan keterampilan, praktek belajar kerja, penyaluran dan bimbingan lanjut. Para Pegawai menggunakan cara empati, pendekatan personal, brainstorming, motivasi klasikal, menggunakan bahasa yang tidak formal dan mencari suasana diluar kelas untuk pendekatan dengan klien dalam memberikan pesan dakwahnya. Proses rehabilitasi tidak bersifat kontinu sehingga ketika pulang klien rentan kembali kepada pekerjaan lamanya. Tiga dari empat klien ketika direhabilitasi mereka memiliki rancangan untuk tidak kembali pada pekerjaan lamanya dengan berekspektasi bekerja lain yang sesuai norma untuk menghidupi keluarganya. Para pegawai menggunakan cara tersebut sesuai dengan jabatan dan latar belakang masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:48
Last Modified: 09 Feb 2021 04:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item