Pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Kandat)

FEMILIYA, MEGA (2017) Pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Kandat). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
cover_surat scan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (98kB)

Abstract

Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) adalah program yang diinstruksikan oleh Kementerian Agama kantor wilayah Jawa Timur untuk diterapkan di madrasah-madrasah, salah satunya diterapkan di MTsN Kandat dengan salah satu tujuannya yaitu untuk menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah dalam menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII MTsN Kandat dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Bagaimana perencanaan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat, 2) Bagaimana materi dan metode dalam pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat, 3) Bagaimana evaluasi Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Perencanaan SKUA di MTsN Kandat diantaranya yaitu: penetapan guru pembimbing SKUA, penetapan jadwal SKUA dan perencanaan pembelajaran sebelum mengajar dengan mengumpulkan materi dari berbagai literatur. 2) Materi dalam pelaksanaan SKUA di MTsN Kandat pada kelas VIII terdiri dari aspek al-Qur’an, akidah akhlak, fiqih, dzikir dan doa. Metode yang digunakan yaitu metode drill, metode resitasi untuk setoran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:58
Last Modified: 20 Feb 2019 02:58
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item