PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HABIBI, FINDI IMRON (2018) PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107514_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932107514_BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
932107514_BAB II.pdf

Download (763kB)
[img] Text
932107514_BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932107514_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
932107514_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
932107514_BAB VI.pdf

Download (701kB)
[img] Text
932107514_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Wafa, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam, yang berfungsi sebagai pedoman hidup manusia. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat manusia. Metode Wafa merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an dengan memaksimalkan fungsi otak kanan, dengan alunan nada hijaz. SMPIT Bina Insani merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ungul dalam bidang hafalan Al-Qur’an. Dari konteks penelitian tersebut, maka penulis ingin mengetahui 1) Bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri; 2) Bagaimana penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri; 3) Apa faktor-faktor yang menjadi penghambat penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan menghafal AlQur’an siswa di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri cukup baik, persentase untuk siswa lulus kelas 9 SMP yang sudah di target hafalan menghasilkan lulusan 60 % hafalan 3 juz, 30 % hafalan 2 juz, 10 % hafalan 1 juz; 2) Penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri digunakan sebagai proses awal untuk menunjang bacaan siswa dalam menghafal Al-Qur’an; 3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri disebabkan oleh 3 faktor yaitu: a) Faktor dari sekolah: Jam pelajaran Al-Qur’an di jam-jam siang, b) Faktor dari guru Al-Qur’an: Guru baru yang masih membutuhkan pembinaan, guru belum sertifikasi, guru yang belum standar dan kurang pembekalan, c) Faktor dari siswa: Kurangnya motivasi, saat hafalan mudah mengantuk, jenuh, malas, dan kurang konsentrasi saat pelajaran, jenuh dan malas hafalan di kelas, belum memahami penjelasan dan asbabun nuzul dalam menghafal Al-Qur’an kurang memahami kemampuannya. Upaya dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri ada 3 yaitu: a) Upaya dari sekolah: Mengganti jam pelajaran Al-Qur’an dari jam siang ke jam pelajaran yang lebih pagi, b) Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an: Pembinaan dan di briefing, guru wajib mengikuti sertifikasi, guru wajib mengikuti kegiatan tahsin dan pembekalan, c) Upaya yang diberikan guru Al-Qur’an kepada siswa: Memberikan motivasi dan menceritakan kisah-kisah Hafidz Qur’an, melakukan ice breaking, outing class, menyampaikan asbabun nuzul, d) Upaya yang dilakukan siswa: memotivasi diri sendiri, membuat target hafalan, terus belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 24 Nov 2020 05:31
Last Modified: 24 Nov 2020 05:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item