NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PENDIDIKAN PANCASILA KAJIAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLIS MADJID

SALAFUDDIN, AHMAD ILHAM (2018) NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PENDIDIKAN PANCASILA KAJIAN ATAS PEMIKIRAN NURCHOLIS MADJID. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101314_PRA BAB.pdf

Download (394kB)
[img] Text
932101314_BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932101314_BAB II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
932101314_BAB III.pdf

Download (422kB)
[img] Text
932101314_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
932101314_BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
932101314_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Pancasila, Nilai-nilai Keislaman Latar belakang penulisan skripsi ini adalah ada organisasi masyarakat Islam yakni HTI yang anti Pancasila yang ingin mengganti dasar negara Pancasila dengan negara khilafah. Mereka menganggap bahwa nilai-nilai dalam Pancasila bertentangan dengan syariat Islam. Tentunya hal ini mengindikasikan bahwa Pendidikan Pancasila jauh dari nilai-nilai Keislaman atau tidak mengandung nilainilai keislaman. Dalam skripsi ini, penulis mempunyai dua rumusan masalah, yaitu a) bagaimana pemikiran Nurcholis Madjid tentang nilai-nilai keislaman dan Pendidikan Pancasila; b) bagaimana nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam pendidikan pancasila kajian atas pemikiran Nurcholis Madjid. Skripsi ini ditulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitannya adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan melakukan studi tokoh. Adapun tokohnya adalah Nurcholis Madjid. Menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer berupa buku Islam Kemordenan dan Keindonesiaan, Ensiklopedi Nurcholis Majid jilid 1-4 Membaca Nurcholis Madjid Islam dan Pluralisme edisi digital Tradisi Islam Peran Dan Fungsinya Dalam Pembangunan Di Indonesia dan masih banyak lagi, serta didukung dengan data sekunder berupa referensi penunjang lainnya yang berkaitan. Metode pengumpulan data pada penelitian kepustakaan ini adalah metode dokumenter, yakni dengan mengumpulkan sumber data, baik data primer maupun sekunder, kemudian mendisplainya. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan content analysis. Adapun hasil dari skripsi ini adalah membahas Nilai-nilai Keislaman yang terkandung dalam Pendidikan Pancasila kajian atas pemikiran Nurcholis Madjid yang meliputi a) Pluralisme;b) Semangat Humanistik Dan Universalitas Islam; c) Persatuan; d) Demokrasi; dan e) Keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:26
Last Modified: 13 Nov 2020 02:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item