Strategi Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 6 Kediri

Mustainah, Siti (2019) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 6 Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101016025 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101016025 bab1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
92101016025 bab2.pdf

Download (297kB)
[img] Text
92101016025 bab3.pdf

Download (165kB)
[img] Text
92101016025 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
92101016025 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
92101016025 bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
92101016025 DP.pdf

Download (84kB)
[img] Text
92101016025 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan pembelajaran tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi. Karena kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh efektif tidaknya komunikasi yang terjadi didalamnya. Melalui strategi komunikasi interpersonal diharapkan seorang guru mampu mengorganisasi dan mengkoordinasi kemauan siswa untuk menyelesaikan tujuan pendidikannya, Dalam melakukan tugas tersebut, guru perlu memahami minat dan bakat siswa dengan baik agar nantinya mampu berkomunikasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa. Siswa lebih bisa berkonsentrasi dan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas ketika secara psikologis dia merasa nyaman dan senang. Adanya kedekatan dan keterbukaan antara Guru PAI dan siswa ini kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian ditempai ini. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Sikap keterbukaan, Empati, dan Sikap Positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap keterbukaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan membuka diri, memberikan No WhatsApp, Face to face, dengan cara menyamakan kedudukan dengan siswa, Menasehati dengan kata-kata memotivasi yang dihubungkan langsung dengan contoh nyata. 2) Strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap Empati untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memahami, merasakan dan menjadi teman bicara yang baik, Dengan cara. melakukan pendekatan dan memberikan stimulus, melakukan komunikasi personal, menjadi pendengar yang baik, memberikan nasehat dan solusi. 3) Strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah mempersilahkan siswa untuk bertanya, menjawab pertanyaan siswa sebaik mungkin, dan menanggapi serta memberikan waktu luang kepada siswa untuk sharing diluar KBM, memberikan reward dalam bentuk sikap dan tindakan, dengan memuji siswa saat itu juga dan memberikan nilai plus.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Nov 2020 01:43
Last Modified: 11 Nov 2020 01:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item View Item