Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-nilai Kejujuran dan Ketaatan pada Siswa di MIN 1 Kota Kediri

Fitriyantoro, Fauzi (2019) Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-nilai Kejujuran dan Ketaatan pada Siswa di MIN 1 Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101117008 prabab.pdf

Download (455kB)
[img] Text
92101117008 Bab 1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
92101117008 Bab 2.pdf

Download (787kB)
[img] Text
92101117008 Bab 3.pdf

Download (151kB)
[img] Text
92101117008 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
92101117008 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
92101117008 Bab 6.pdf

Download (176kB)
[img] Text
92101117008 DP.pdf

Download (125kB)
[img] Text
92101117008 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kejujuran dan ketaatan ibadah merupakan ciri utama orang beriman dan bertakwa. MIN 1 Kota Kediri merupakan lembaga pendidikan yang berada di masyarakat perkotaan, sehingga pola pikir dan sikap anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan tersebut. Untuk itu guru Pendidikan Agama Islam harus memiliki strategi khusus penanaman nilai-nilai kejujuran dan ketaatan, sehingga tetap berhasil proses pendidikan untuk anak-anak. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai kejujuran pada siswa di MIN Semampir Kota Kediri? (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai ketaatan pada siswa di MIN Semampir Kota Kediri? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai kejujuran dan ketaatan pada siswa di MIN Semampir Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala-gejala tertentu. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Penanaman nilai-nilai kejujuran pada siswa di MIN 1 Kota Kediri dengan cara memberikan contoh/teladan yang baik, menganjurkan orang tua agar anaknya mengikuti pesantren kilat pada saat libur sekolah, memperintahkan dan melibatkan dalam kegiatan keagamaan, serta menyekolahkan anak di madrasah dan menyuruh anak ikut mengaji di TPA. (2) Penanaman nilai-nilai ketaatan pada siswa di MIN 1 Kota Kediri meliputi:pembinaan dan bimbingan serta memberikan bekal keagamaan agar nantinya tidak terjerumus ke dalam perilaku menyimpang. (3) Strategi guru PAI dalam penanaman nilai-nilai kejujuran dan ketaatan pada siswa di MIN 1 Kota Kediri meliputi: (a) nilai keimanan, seperti: anak diberikan materi keimanan secara berulang-ulang, terutama masalah syahadat, anak dibiasakan membaca wirid dan shalawat Nabi ba’da shalat, amalan doa untuk guru-guru (pengasuh), wali murid, dan siswa. (b) nilai ibadah, seperti: anak dibiasakan hidup bersih, diajarkan masalah wudhu dan shalat secara bertahap, anak dibiasakan disiplin. (c) nilai janji, ancaman, dan hukuman, meliputi: anak diberi nasehat setiap hari dan diajak mempraktekkan secara langsung nasehatnasehat tersebut, memberi hadiah kepada anak yang berprestasi, memberi hukuman secara bertahap kepada anak yang melanggar peraturan. (d) nilai akhlak, seperti: anak dibiasakan boso (berbahasa Jawa halus), anak dibiasakan salam-salaman ba’da shalat, dan anak dibiasakan hidup sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Nov 2020 02:07
Last Modified: 09 Nov 2020 02:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item View Item