Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa MA Ma‟arif Udanawu Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018

Rahayu, Intan Nafita (2018) Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa MA Ma‟arif Udanawu Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134414_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932134414_BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932134414_BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
932134414_BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932134414_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
932134414_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
932134414_BAB VI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932134414_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932134414_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pendidikan seperti yang tercantuk dalam Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 adalah untuk membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik, manusia yang beriman, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang berakhlak mulia warga masyarakat yang baik dan warga Negara yang baik, yang mengedepankan nilai-nilai budaya luhur bangsa Indonesia dan akhlak mulia. Untuk mewujudkan tujuan UU tersebut perlu strategi untuk membentuk karakter religius yang diterapkan dengan menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan. Sehingga diharapkan dapat tertanam karakter religius dalam diri siswa. Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana guru Aqidah Akhlak mengajarkan keteladanan dalam membentuk karakter religius siswa MA Ma‟arif Udanawu Blitar? 2) Bagaimana guru Aqidah Akhlak menerapkan pembiasaan dalam membentuk karakter religius siswa MA Ma‟arif Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dipusatkan pada strategi guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter religius siswa. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter religius yaitu dengan 1) Keteladanan yang didalamnya terdapat tiga cara yaitu: integrasi ke dalam mata pelajaran, integrasi ke dalam modeling dan integrasi ke dalam kegiatan sehari-hari. 2) Pembiasaan yang terapkan yaitu do‟a bersama, membaca Asmaul Husan bersama sebelum mamulai pelajaran, membaca Al-Qur‟an dan sholat dzuhur berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:21
Last Modified: 27 Oct 2020 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item