Peran Strategi Marketing 4.0 Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk (Studi Kasus Usaha Undangan Pernikahan Digital Punakawan Kec.Umbulharjo Kota Yogyakarta)

Andari, Karina Widya (2019) Peran Strategi Marketing 4.0 Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk (Studi Kasus Usaha Undangan Pernikahan Digital Punakawan Kec.Umbulharjo Kota Yogyakarta). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931322415_prabab.pdf

Download (878kB)
[img] Text
931322415_bab 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
931322415_bab 2.pdf

Download (356kB)
[img] Text
931322415_bab 3.pdf

Download (179kB)
[img] Text
931322415_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
931322415_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
931322415_bab 6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
931322415_daftar pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
931322415_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam memasarkan suatu produk diperlukan suatu strategi yang jitu untuk mencapai suatu tujuan perusahaan. Marketing 4.0 merupakan pendekatan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi online dan interaksi offline antara perusahaan dengan pelanggan. Dalam memasarkan produknya, strategi marketing 4.0 diyakini mampu membuat perusahaan bertahan dengan banyaknya pesaing dan juga dapat meningkatkan penjualan suatu perusahaan. Dalam penelitian ini adalah hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi marketing 4.0 pada usaha undangan digital Punakawan serta bagaimana peran strategi marketing 4.0 dalam meningkatkan volume penjualan pada usaha undangan digital Punakawan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dicek keabsahan dan dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti, kedalaman pengamatan atau kedalaman observasi, triagulasi. Tahap terakhir yang dilakukan adalah menganalisa data dengan penyederhanaan data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi Marketing 4.0 yang diterapkan pada usaha undangan digital pada Punakawan ialah dengan menerapkan 4C. Pada strategi Co-creation punakawan menginovasi produk undangan cetak menjadi undangan digital. Pada strategi Currency Punakawan menetapkan 4 jenis paket dengan harga yang bervariasi. Pada strategi communal aktivation, adanya komunitas turut membantu pemasaran hingga terciptanya distribusi rekan-kerekan. Sedangkan pada strategi conversation, punakawan memiliki pelayanan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan baik secara online maupun offline. (2) Dengan menerapkan strategi marketing 4.0 pada usahanya, punakawan digital mengalami kenaikan pada penjualannya. Hal ini menunjukkan bahwa strategi marketing 4.0 sangatlah berperan dalam meningkatkan volume penjualan. Hal ini terbukti pada peningkatan yang terjadi pada tahun 2017 sebesar 3,44% sedangkan pada tahun 2018 terjadi peningkatan sebesar 10,22% dan 2019 terjadi peningkatan penjualan sebesar 19,77%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:31
Last Modified: 22 Oct 2020 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item