Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron Tahun Pelajaran 2019/2020

Laili, Arin Noor (2020) Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932111816 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932111816 bab 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932111816 bab 2.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932111816 bab 3.pdf

Download (332kB)
[img] Text
932111816 bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
932111816 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
932111816 bab 5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932111816 bab 6.pdf

Download (85kB)
[img] Text
932111816 DP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Kemandirian belajar merupakan sifat serta kemampuan yang dimiliki siswa untuk melakukan kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh motif untuk menguasai sesuatu kompetensi yang telah dimiliki. Seorang siswa dikatakan mempunyai kemandirian belajar apabila mempunyai kemauan sendiri untuk belajar, siswa mampu memecahkan masalah dalam proses belajar, siswa mempunyai tanggung jawab dalam proses belajar, dan mempunyai rasa percaya diri dalam setiap proses belajar. Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar diantaranya adalah self efficacy, motivasi belajar dan tujuan belajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 3) Adakah pengaruh self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron yang berjumlah 215 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 135 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,808 dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,653 sehingga persentase sumbangannya adalah sebesar 65,3%. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,914 dan koefisien determinasi sebesar (R2 ) 0,836 sehingga persentase sumbangannya adalah 83,6%. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,923 dan koefisien determinasi sebesar 0,852 sehingga persentase sumbangannya adalah 85,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:59
Last Modified: 21 Oct 2020 04:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item