Implementasi Pendidikan Keterampilan Di Madrasah Aliyah (Studi Kasus Di MAN 1 Kota Kediri)

Rohmatin, Dewi (2020) Implementasi Pendidikan Keterampilan Di Madrasah Aliyah (Studi Kasus Di MAN 1 Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127716_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932127716_bab 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
932127716_bab 2.pdf

Download (448kB)
[img] Text
932127716_bab 3.pdf

Download (336kB)
[img] Text
932127716_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
932127716_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
932127716_bab 6.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932127716_daftar pustaka.pdf

Download (315kB)
[img] Text
932127716_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peserta didik yang memiliki bakat dan minat perlu dikembangkan dengan baik, baik itu berupa dukungan dari sekolah, orang tua maupun dari lingkungan sekitar di mana mereka tinggal. Selain itu, peserta didik juga perlu mengembangkan pengetahuannya dengan baik. Atas dasar itulah peserta didik perlu mengembangkan life skill (kecakapan hidup) dalam lembaga sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pendidikan, strategi pembelajaran, dan evaluasi pendidikan dalam program pendidikan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implemntasi pendidikan keterampilan di Madrasah Aliyah di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Di mana penelitiannya menggunakan studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa ketrangan informasi. Sedangkan sumber data diperoleh dari wawancara Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru, dan peserta didik. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan:1. Perencanaan pendidikan dilaksanakan dengan menentukan pembagian keterampilan, pembagian jadwal sistem blok kelas, dan penentuan materi. 2. Strategi pembelajaran yang digunakan guru keterampilan adalah teori dan praktik, latihan (drill), dan metode demonstrasi. 3. Evaluasi pendidikan dilakukan dengan rapat bersama, ujian teori dan praktik, ujian umum seperti ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir sekolah. Kemudian evaluasi berikutnya dengan mengadakan gelar karya saat milad sekolah dan magang di BLK (Balai Latihan Kerja). Dalam pelaksanaannya ada siswa yang memiliki potensi unggul dan ada yang potensinya rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:02
Last Modified: 21 Oct 2020 05:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item