Efektivitas Media Film Terhadap Hasil Belajar Aqidah-Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTsN 2 Kediri

Aziz, Miftakhudin (2019) Efektivitas Media Film Terhadap Hasil Belajar Aqidah-Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTsN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121215_PRA BAB.pdf

Download (647kB)
[img] Text
932121215_BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
932121215_BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
932121215_BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932121215_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
932121215_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
932121215_BAB VI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932121215_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932121215_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)

Abstract

Pembelajaran Aqidah-Akhlak di MTs Negeri 2 Kediri, sumber belajarnya sangat minim. Hanya sebatas menggunakan buku paket dan LKS. Film merupakan media tiga dimensi yang tergolong ke dalam media berbasis audio visual, yaitu media yang dalam penyampaian pesannya mengandalkan penglihatan dan pendengaran. Kelebihan film sebagai media pembelajaran adalah sangat banyak tersedia dan mudah untuk mendapatkannya. Lewat perkembangan zaman seperti sekarang ini, kita bisa mendapatkan berbagai film yang kita inginkan, semisal lewat situs Youtube. fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan media film dalam pembelajaran Aqidah-Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019, dan 2) bagaimana efektivitas media film terhadap peningkatan hasil belajar Aqidah-Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019 Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII MTs Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 377 siswa, terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Cara ini dilakukan setelah menganalisis hasil Nilai Ulangan Aqidah-Akhlak Semester 1 yang hasilnya homogen dan berdistribusi normal. Dalam pengambilan sampel diperoleh 2 kelas yaitu kelas VIII J sebagai kelas kontrol dan kelas VIII K sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan media film dalam pembelajaran Aqidah-Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019 adalah efektif, 2) Efektivitas media film terhadap peningkatan hasil belajar Aqidah-Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019 dengan Uji T-test menunjukkan hasil analisis didapatkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan pre-test dan post-test terdapat perbedaan adalah tingkat kesuksesan dari media pembelajaran. Dengan hasil nilai sig 0,004 < 0,05 untuk kelas kontrol dan hasil nilai sig 0,000 < 0,05 untuk kelas experimen. Yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol setelah menggunakan dan tidak menggunakan media film. Hal itu menunjukkan adanya hubungan antara nilai sebelum (pre-test) dan nilai sesudah (post-test) dan menunjukkan bahwa terdapat keefektivan pembelajaran Aqidah-Akhlak dengan menggunakan media film maupun tidak menggunakan media film terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:48
Last Modified: 20 Oct 2020 04:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item