Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Excellent dan Reguler Di MTsN 2 Kediri

A'yun, Liya Qurrota (2019) Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Excellent dan Reguler Di MTsN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932126213_PRA BAB.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932126213_BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932126213_BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932126213_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932126213_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
932126213_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
932126213_BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
932126213_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932126213_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ang merasa mampu untuk melakukan perbuatan berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Kepercayaan diri bagi siswa adalah keyakinan yang ada di dalam diri siswa sehingga merasa mampu melakukan sesuatu dalam proses belajar. Memiliki kepercayaan diri bagi siswa memang sangat penting, karena dengan kepercayaan diri, siswa mampu mengaktualisasikan dirinya serta mengeksplor kelebihannya dalam menyampaikan ide, gagasan dan pemikiran yang dimilikinya. Oleh karena itu, usaha-usaha tertentu dapat dilakukan dalam rangka pembentukan ataupun pengembangan kepercayaan diri siswa. Dalam pembentukan kepercayaan diri yang dimiliki siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah dukungan sosial dari teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri siswa kelas VIII Excellent dan Reguler di MTsN 2 Kediri. Serta pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII Excellent dan Reguler di MTsN 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pola regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling purposif, dengan bantuan tabel Krejcie apabila jumlah populasi sebesar populasi 416, maka jumlah sampel 191. Akan tetapi karena terdapat kendala dan hambatan pada objek penelitian, maka peneliti hanya mendapatkan sampel sejumlah 104. 35 siswa dari kelas VIII Excellent dan 69 dari siswa Reguler. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan angket yang disusun berdasarkan indikator dukungan sosial teman sebaya yang disusun oleh House, yaitu dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informatif. Adapun angket kepercayaan diri disusun berdasarkan indikator yang disusun oleh Lauster, yaitu keyakinan akan kemampuan sendiri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis. Kemudian angket disebar dan diisi oleh responden dan selanjutnya diolah dengan bantuan software SPSS versi 21. Dari penelitian ini diketahui bahwa tingkat dukungan sosial teman sebaya siswa kelas VIII Excellent MTsN 2 Kediri pada kategori tinggi yaitu 129,80 dan tingkat kepercayaan diri juga pada kategori tinggi yaitu 90,54. Begitu pula dengan siswa Reguler, meskipun nilai rata-ratanya lebih rendah dibanding siswa Excellent, tingkat dukungan sosial teman sebaya juga masih pada kategori tinggi yaitu 127,00 dan tingkat kepercayaan diri juga pada kategori tinggi yaitu 88,61. Kemudian pada pengujian hipotesis pengaruh dukungan sosial terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII Excellent diperoleh skor t-tabel (2,042) lebih kecil dari t-hitung (3,296). Dari skor Sig. juga diketahui bahwa nilai Sig. lebih kecil dari taraf nyata (α), yaitu 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII Excellent di MTsN 2 Kediri. Adapun besarnya pengaruh dapat dilihat dari koefisien determinasi didapatkan skor sebesar 0,248, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (dukungan sosial teman sebaya) terhadap variabel terikat (kepercayaan diri) siswa kelas VIII Excellent adalah sebesar 24,8%. Begitu pula pengujian hipotesis pengaruh dukungan sosial terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII Reguler diperoleh skor t-tabel (2,000) lebih kecil dari t-hitung (2,816). Dari skor Sig. juga diketahui bahwa nilai Sig. lebih kecil dari taraf nyata (α), yaitu 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII Reguler di MTsN 2 Kediri. Adapun besarnya pengaruh dapat dilihat dari koefisien determinasi didapatkan skor sebesar 0,106, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (dukungan sosial teman sebaya) terhadap variabel terikat (kepercayaan diri) siswa kelas VIII Excellent adalah sebesar 10,6%. Jumlah besarnya pengaruh pada siswa Reguler lebih kecil dibanding siswa Excellent. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti tingkat intelejensi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:28
Last Modified: 20 Oct 2020 04:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item