Hubungan antara Minat Belajar dan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Kasembon

Aulva, Binti Mari (2020) Hubungan antara Minat Belajar dan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Kasembon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932108416_Pra Bab.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932108416_Bab 1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932108416_Bab 2.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932108416_Bab 3.pdf

Download (379kB)
[img] Text
932108416_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
932108416_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
932108416_Bab 6.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932108416_Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932108416_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor internal yaitu, motivasi, intelegensi, minat, dan kesiapan belajar. Kurangnya minat belajar dan kesiapan belajar sehingga mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Minat belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasembon (2) Kesiapan belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasembon (3) Prestasi Belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasembon (4) Adakah hubungan minat belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII (5) Adakah hubungan kesiapan belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII (6) Adakah hubungan antara minat belajar dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasembon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN N 01 Kasembon pada bulan Maret s/d April 2020. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 230 siswa dengan sampel sebanyak 139 siswa menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket yang diberikan kepada siswa dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat Belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasembon berada pada kategori Sedang. Diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 71,44. (2) Kesiapan belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasembon dikategorikan Sedang. Diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 78,45. (3) Prestasi Belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasembon Sedang. Diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 86,91. (4) Tingkat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar PAI berada pada korelasi sedang diperoleh hasil 0,597. (5) Tingkat hubungan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar PAI berada pada korelasi sedang diperoleh hasil 0,609. (6) Tingkat hubungan antara minat belajar dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar. Diketahui pada hasil uji korelasi ganda tabel signifikan sebesar 0,005 < alpha sebesar 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar (X1) dan kesiapan belajar (X2) berhubungan dengan prestasi belajar PAI kelas VIII (Y). Hal ini berarti ada korelasi antara minat dan kesiapan dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Kasembon.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:18
Last Modified: 20 Oct 2020 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item