Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Binaan Beasiswa LMI (Lembaga Manajemen Infaq) Unit Layanan Kabupaten Kediri

Cahyaningtiyas, Reza Nur (2019) Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Binaan Beasiswa LMI (Lembaga Manajemen Infaq) Unit Layanan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104715_PRABAB.pdf

Download (819kB)
[img] Text
932104715_BAB 1.pdf

Download (527kB)
[img] Text
932104715_BAB 2.pdf

Download (453kB)
[img] Text
932104715_BAB 3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
932104715_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
932104715_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
932104715_BAB 6.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932104715_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932104715_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Pendidikan Akhlak merupakan pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar supaya anak yang diajar berakhlak baik dan sesuai dengan ajaran Islam. Oleh karena itu Pendidikan Akhlak sangat diperlukan, memiliki akhlak yang mulia dan berkepribadian muslim yang baik adalah tujuan dari siswa binaan beasiswa Lembaga Manajemen Infaq. Beasiswa dari Lembaga Manajemen Infaq ini di berikan khusus untuk anakanak yatim dan anak-anak dhuafa yang berprestasi yang harus melanjutkan sekolah agar tidak menambah angka anak putus sekolah. Untuk itu, pihak Lembaga Manajemen Infaq bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui akhlak siswa binaan beasiswa Lembaga Manajemen Infaq. 2) Untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Binaan Beasiswa Lembaga Manajemen Infaq Unit Layanan Kabupaten Kediri di Jl.RA Kartini 224 Dsn.Gamol Ds.Langenharjo Kec.Plemahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Hubermen yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Akhlak siswa binaan sebelumnya belum sesuai dengan harapan dari pihak Lembaga Manajemen Infaq yang berpedoman pada salimul akidah, shahihul ibadah dan mathinul khuluq. 2) Implementasi pendidikan akhlak dilakukan setiap satu minggu sekali dan tiga bulan sekali dengan pemberian materi-materi mengenai pendidikan akhlak hal tersebut dibuktikan dengan perilaku siswa binaan setelah mengikuti kegiatan pendidikan akhlak, adapun faktor pendukung implementasi pendidikan akhlak yaitu adanya motivasi, adanya dukungan dari orangtua, kerja sama yang baik antara guru, mentor dan siswa binaan, serta adanya sarana dan prasarana yang di sediakan, adapun faktor penghambatnya yaitu rasa malas karena pembinaan dilakukan pada saat jam pulang sekolah dan kurangnya kesadaran siswa mengenai kepribadian muslim bagi kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:32
Last Modified: 20 Oct 2020 02:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item