Pola Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar

Rifai, Arif (2019) Pola Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102112_PRA BAB.pdf

Download (948kB)
[img] Text
932102112_BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
932102112_BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932102112_BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
932102112_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932102112_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
932102112_BAB VI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
932102112_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Sekolah merupakan lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini memfokuskan pada pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, dengan fokus penelitian: Bagaimanakah pola kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader, sebagai manajer, sebagai administrator, sebagai supervisor dan sebagai educator dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Al Kamal Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui beberapa pola kepemimpinan kepala sekolah diantaranya sebagai leader, sebagai manajer, sebagai administrator, sebagai supervisor dan sebagai educator dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Al Kamal Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan diskusi teman sejawat, triangulasi data dan triangulasi sumber data. Kemudian analisis data berlangsung secara stimulan yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data dengan alur tahapan : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola kepemimpinan Kepala sekolah SMP Al Kamal Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar dalam meningkatkan profesionalisme guru, meliputi : a). Sebagai leader, b). Sebagai manajer, c). Sebagai administrator, d). Sebagai supervisor dan e). Sebagai educator. Dalam prakteknya dilakukan dengan menanamkan sikap kerja sama (kooperatif), konsultatif, kolegial (bukan hierarkis), dan mendorong keterlibatan seluruh tenaga pendidik dalam setiap kegiatan yang menunjang program-program sekolah. Semua ini dilaksanakan juga berdasarkan prinsip manajemen yaitu melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:25
Last Modified: 14 Oct 2020 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item