Implementasi pendekatan scientific learning pada pelajaran fiqihkelas IX di MTs Raudlatut Thalabah tahun pelajaran 2018/2019.

Ekowati, Diah (2019) Implementasi pendekatan scientific learning pada pelajaran fiqihkelas IX di MTs Raudlatut Thalabah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104714_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104714_BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932104714_BAB II.pdf

Download (209kB)
[img] Text
932104714_BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932104714_BAB IV.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932104714_BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932104714_BAB VI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932104714_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932104714_LAMPIRAN.pdf

Download (638kB)

Abstract

Scientific learning merupakan salah satu pembelajaran yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dalam membangun pengetahuan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan implementasi pendekatan Scientific Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas IX di MTs Raudlatut Thalabah, 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi pendekatan Scientific Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas IX di MTs Raudlatut Thalabah, 3) Bagaimana penilaian implementasi pendekatan Scientific Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas IX di MTs Raudlatut Thalabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptifkualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih, siswa kelas IX dan pihak-pihak terkait lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru kelas IX mata pelajaran fiqih di MTs Raudlatut Thalabah adalah menentukan tujuan pembelajaran, menentukan materi pembelajaran, menyusun materi, menentukan metode pembelajaran, menentukan media dan sumber pembelajaran, menyusun teknik penilaian, serta menentukan alokasi waktu.2) Pelaksanaan implementasi pendekatan scientific learning pada mata pelajaran fiqih adalah dengan menerapkan 5 M (mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan) dalam pembelajaran. Namun, sebelum kegiatan tersebut dimulai, ada beberapa hal yang dilakukan oleh guru di kelas, seperti berdo‟a, mengabsen, mengkondisikan kelas dan flashback materi. 3) Evaluasi implementasi pendekatan scientific learning pada mata pelajaran fiqih adalah dengan menggunakan penilaian autentik, dimana dalam penilaian autentik ini ada tiga ranah yang menjadi target, yakni ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Oct 2020 05:02
Last Modified: 13 Oct 2020 05:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item View Item