Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur‟an Siswa di SMPN 1 Kedungpring Kab. Lamongan.

Islamiyah, Nur Fitrotul (2019) Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur‟an Siswa di SMPN 1 Kedungpring Kab. Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109315_PRA BAB.pdf

Download (556kB)
[img] Text
932109315_BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
932109315_BAB II.pdf

Download (362kB)
[img] Text
932109315_BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
932109315_BAB IV.pdf

Download (293kB)
[img] Text
932109315_BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
932109315_BAB VI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932109315_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932109315_LAMPIRAN.pdf

Download (971kB)

Abstract

Pada masa sekarang orang tua kurang memberi pelajaran Al-Qur‟an kepada anaknya. Padahal Al-qur‟an adalah materi yang harus diajarkan sejak dini agar anak bisa berdampingan dengan Al-Qur‟an. Di SMPN 1 Kedungpring ini memberikan solusi bagi para siswa untuk menghafal Al-Qur‟an kepada siswa. Penerapan metode pembelajaran menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam hal menghafal, untuk itu metode An-Nahdliyah digunakan di SMPN 1 Kedungpring agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam menghafal Al-Qur‟an di SMPN 1 Kedungpring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian dilakukan di SMPN 1 Kedungpring Kab. Lamongan. Dari latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Apa ciri-ciri metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan motivasi menghafal AlQur‟an siswa di SMPN 1 Kedungpring Lamongan?. 2) Bagaimana Pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an siswa di SMPN 1 Kedungpring Lamongan?. 3) Bagaimana evaluasi metode AnNahdliyah dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an siswa di SMPN 1 Kedungpring Lamongan?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi siswa dalam hal menghafal Al-Qur‟an, hal ini dibuktikan juga dengan hasil wawancara dari beberapa siswa bahwasanya motivasi yang mereka dapat bukan hanya di lingkungan sekolah saja melainkan dari pihak orang tua juga ikut menjadi pendorong meningkatnya motivasi siswa. Selain itu pihak sekolah juga memberikan kesempatan bagi para siswa untuk bisa mengikuti tes sekaligus wisuda di Kabupaten Lamongan. Dengan adanya program hafalan di SMPN 1 Kedungpring ini para siswa mendapat kesempatan kembali untuk bisa menghafal surat-surat Al-Qur‟an, kegiatan menghafal surat-surat Al-Qur‟an ini dipandu oleh 4 tutor. Kegiatan ini memiliki alokasi waktu 2 x 35 dalam satu kali pertemuan yang di awali dengan kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Oct 2020 04:37
Last Modified: 13 Oct 2020 04:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item