Implementasi Higher Order Thingking Skills (Hots) Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pai Kelas Xi Di Sma Negeri 3 Kediri

Alfian, Nuri (2019) Implementasi Higher Order Thingking Skills (Hots) Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pai Kelas Xi Di Sma Negeri 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118415 - PRA BAB .pdf

Download (440kB)
[img] Text
932118415 - BAB I .pdf

Download (183kB)
[img] Text
932118415 - BAB II .pdf

Download (260kB)
[img] Text
932118415 - BAB III .pdf

Download (198kB)
[img] Text
932118415 - BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
932118415 - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
932118415 - BAB VI .pdf

Download (98kB)
[img] Text
932118415 - DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (229kB)
[img] Text
932118415 - LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, lembaga pendidikan dituntut untuk mampu menciptakan peserta didik yang untuk bersaing di dunia masyarakat terutama dalam pemasalahan agama. Dalam penelitian ini membahas tentang pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS yang memiliki kerakteristik keterampilan yang kreatif, luwes, kritis, mampu berpikir kritis, dapat mengambil keputusan dengan tepat, serta terampil memecahkan masalah, sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan masyarakat pada abad 21 terutama dalam masalah agama. Keterampilan tersebut sesuai dengan kurikulum K13 yaitu Pendidikan yang menerapkan pembelajaran dan penilaian yang berbasis HOTS. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan HOTS mulai dari proses pembelajaran dan penilaiannya, karena kebanyakan HOTS hanya diterapakan dalam soal-soalnya saja, sedangkan dalam pembelajarannya kurang diperhatikan. Padahal antara penilaian dan pembelajaran harus saling berkaiatan supaya pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan. dengan menggunakan fokus penelitian skripsi sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dan penilaian HOTS dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMAN 3 Kediri? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran HOTS pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 3 Kediri? (3) Bagaimana penerapan penilaian HOTS pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 3 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Peneliti menganalisi data menggunakan studi kasus, yaitu pengujian secara rinci terhadap satu latar, satu orang satu tempat, penyimpanan dokumen dan peristiwa. Sehingga dalam hal ini peneliti menjelaskan peristiwa dak kejadian yang ada pada saat penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) SMA Negeri 3 Kediri merencanakan pembelajaran dan penilaian HOTS dalam pembelajaran pelajaran PAI. (2) SMA Negeri 3 Kediri melaksanakan proses pembelajaran HOTS dengan menggunakan metode-metode yang variatif mulai dari metode diskusi yang bervariasi, metode tanya jawab, metode problem solving, dan metode problem based learning yang dapt meningkatkan keterapilan berpikir HOTS. (3) SMA Negeri 3 Kediri melaksanakan penerapan penilaian berbasis HOTS dengan soal-soal HOTS yang berbasis pengembangan materi dengan mengumpulkan referensi-refensi lain dan soal-soal yang berbasis permasalahan yang kontektual.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:38
Last Modified: 08 Oct 2020 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item