Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Ditinjau Dari Teori Behaviorisme Di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Kota Kediri

Lailatul, Fitria (2020) Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Ditinjau Dari Teori Behaviorisme Di Pondok Pesantren Ar-Roudloh Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
pra bab.pdf

Download (772kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (446kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (700kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (570kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
bab 6.pdf

Download (311kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (413kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bahwa Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an yang digunakan di Pondok Pesantren ar-Roudloh tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian yang mengkaji tentang implementasi Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur'an ditinjau dari teori bahaviorisme di Pondok Pesantren ar-Roudloh Kota Kediri. Fokus penelitian ini; 1) bagaimana perencanaan Metode Ummi di Pondok Pesantren ar-Roudloh Kota Kediri, 2) bagaimana pelaksanaan Metode Ummi di Pondok Pesanten ar-Roudloh Kota Kediri, 3) bagaimana evaluasi Metode Ummi di Pondok Pesanten ar-Roudloh Kota Kediri, 4) bagaimana relevansi Metode Ummi bila Ditinjau dengan teori behaviorisme di Pondok Pesanten ar-Roudloh Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perencanaan Metode Ummi, 2) untuk mengetahui pelaksanaan Metode Ummi, 3) untuk mengetahui evaluasi Metode Ummi, 4) untuk mengetahui relevansi Metode Ummi di Pondok Pesantren ar-Roudloh bila ditinjau dari teori behaviorisme. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan atau membandingkan dengan teori pengajaran lainnya, khususnya mengenai implementasi Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan Metode Ummi. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca AlQur’an di Pondok Pesantren ar-Roudloh Kota Kediri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan yang dirancang pesantren ar-Roudloh sudah berjalan dengan baik sesuai yang diinginkan, 2) pelaksanaan Metode Ummi sudah sesuai dengan standarisasi dari lembaga Ummi Foundation, 3) evaluasi Metode Ummi di Pesantren ar-Roudloh masih menggunakan evaluasi harian, 4) relevansi Metode Ummi di ar-Roudloh bila ditinjau dengan teori behaviorisme sesuai dengan pendapatnya Ivan Pavlov yaitu dengan cara membiasakan prilaku yang terus menerus diulang-ulang sehingga menghasilkan tingkah laku yang positif. Contohnya santri yang sudah fashih membaca Al-Qur’an beserta tajwidnya. Dengan menggunakan metode Ummi ini berjalan sangat efektif dan terbukti dengan santri lebih lancar membaca sesuai makhorijul huruf yang sesuai dengan standarisasi ilmu tajwid dalam Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Oct 2020 01:59
Last Modified: 08 Oct 2020 01:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item