Budaya Religius Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Di MAN 4 Jombang

Qonitah, Niswah (2019) Budaya Religius Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Di MAN 4 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129115 - PRA BAB.pdf

Download (363kB)
[img] Text
932129115 - BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
932129115 - BAB II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932129115 - BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932129115 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
932129115 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
932129115 - BAB VI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932129115 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932129115 - LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini terkesan berorientasi pada kecerdasan kognitif saja sehingga banyak muncul permasalahan kriminal, degradasi moral, dan lain-lain. Hal ini disebabkan pendidikan di Indonesia masih kurang dalam membina kecerdasan emosional siswa. Menyadari realitas tersebut, perlu adanya solusi konkret dan berkelanjutan. Dalam hal ini, budaya religius sekolah dapat dijadikan alat untuk mewujudkan karakter peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk budaya religius sekolah, dan menganalisis budaya religius sekolah sebagai upaya membentuk kecerdasan emosional siswa di MAN 4 Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data kualitatif dianalisis melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk budaya religius sekolah di MAN 4 Jombang terdiri dari 3 pelaksanaan yaitu a) kegiatan harian seperti doa sebelum dan sesudah pelajaran. b) kegiatan mingguan terdiri dari istighosah, khitobah, dan program dana sosial. c) kegiatan tahunan yang dilaksanakan untuk memperingati peringatan hari besar Islam (PHBI) yang terdiri dari isra’ mi’raj, peringatan idul adha, dan hari santri nasional. Sedangkan budaya religius sekolah sebagai upaya membentuk kecerdasan emosional siswa terdiri dari tiga pelaksanaan yaitu a) kegiatan perencanaan program budaya religius sekolah untuk membentuk kecerdasan emosional siswa memperhatikan aspek SDM dan tujuan yang ingin dicapai untuk menunjang keberhasilan dari program tersebut. b) pelaksanaan budaya religius sekolah sebagai upaya membentuk kecerdasan emosional memberikan kesimpulan bahwa Istighosah dapat membentuk mengelola emosi, khitobah dapat membentuk memotivasi diri siswa, penggalangan dana sosial dapat membentuk empati siswa, PHBI dapat membentuk membina hubungan dan keseluruhan kegiatan budaya religius mampu memunculkan kesadaran diri peserta didik. c) kegiatan evaluasi menggunakan dua metode yang pertama adalah evaluasi disaat program berlangsung dan metode berikutnya adalah evaluasi melihat hasil akhir dalam jangka waktu satu minggu sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education (Pendidikan Etnis)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:56
Last Modified: 07 Oct 2020 02:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item