IMPLEMENTASI STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 2 KEDIRI

SUSANTI, LILIK (2018) IMPLEMENTASI STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 2 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932142614_PRA BAB.pdf

Download (365kB)
[img] Text
932142614_BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
932142614_BAB II.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932142614_BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
932142614_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932142614_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
932142614_BAB VI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932142614_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)

Abstract

Kata Kunci : Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA), Pembentukan Karakter Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) adalah salah satu kebijakan dari Kementrian Agama yang diintruksikan kepada seluruh madrasah baik swasta maupun Negeri yang berada di bawah naungannya sebagai penguat terhadap materi PAI yang bertujuan sebagai solusi terhadap kelemahan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), Ubudiyah dan Akhlakul Karimah siswa. MAN 2 Kediri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengutamakan karakter siswa, hal ini sesuai dengan visi madrasah yaitu berakhlakul karimah atau berkarakter yang baik. Dalam hal ini mendorong penulis untuk mengkaji tentang penerapan SKUA yang dilaksanakan di MAN 2 Kediri. Disini peneliti akan mendeskripsikan tentang : 1) Penerapan SKUA di MAN 2 Kediri, dan 2) Dampak SKUA dalam membentuk karakter siswa di MAN 2 Kediri. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Berdasarkan pendekatan ini, kehadiran peneliti sangat penting, karena peneliti sebagai instrumen kunci dalam menangkap makna yang ada. Sumber data utama dalam penelitian ini merupakan kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis deskriptif, yaitu dengan cara menelaah seluruh data yang ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengategorikan data. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas, uji trasfermability, uji dependability dan uji confirmability. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Penerapan SKUA di MAN 2 Kediri dilandasi oleh surat edar dari Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur No. Kw.134/1/HK.00.8/1465/2012. Dalam pelaksanaannnya bersifat personal, buku SKUA harus dibawa ketika menyetorkan tagihan hafalan SKUA guna mendapatkan nilai dan paraf guru pembimbing sekaligus penguji. Penilaian hasil pengujian ditempatkan pada raport khusus SKUA, 2) Dampak SKUA dalam pembentukan karakter siswa di MAN 2 Kediri yaitu sebagai penguat terhadap materi PAI dan kelemahan dalam BTQ sehingga siswa memiliki nilai-nilai keagamaan yang dapat membentuk karakter siswa sebagai hamba Allah dan anggota masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 04 Aug 2020 02:42
Last Modified: 04 Aug 2020 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item