KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS BAGI YATIM DHUAFA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMP INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL (ICMBS) SIDOARJO

LINDAYANI, RIZQA (2018) KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS BAGI YATIM DHUAFA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMP INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL (ICMBS) SIDOARJO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136814_PRA BAB.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932136814_BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932136814_BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
932136814_BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
932136814_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
932136814_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
932136814_BAB VI.pdf

Download (93kB)

Abstract

Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan Gratis, Mutu Pendidikan Kebijakan pendidikan gratis bagi Yatim Dhuafa merupakan langkah yang riil bagi suatu organisasi untuk memberdayakan potensi anak-anak hebat yang tidak bisa melanjutkan sekolah dijenjang yang lebih tinggi sesuai peraturan pemerintah terkait wajib belajar. Seperti halnya yang dilakukan oleh SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School (ICMBS) Sidoarjo. Fokus penelitian ini membahas tentang model kebijakan, implementasi kebijakan, implikasi kebijakan terhadp mutu pendidikan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Dan dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuat gambaran secara sistematis melalui reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan pengecekan keabsahan data melalui perpanjang keikut sertaan penelitian, ketekunan pengamatan, triangulasi. Adapun penelitian deskriptif ini menghasilkan temuan bahwa 1) model kebijakan pendidikan gratis bagi Yatim Dhuafa adalah yang berhak menerima kebijakan tersebut merupakan siswa yang telah memenuhi syarat yang telah ditentukan, kemudian dana dari para donatur dikelolah dan di distribusikan sesuai dengan RKAT yang telah dimusyawarakan di bulan Desember. 2) Implementasi kebijakan pendidikan gratis bagi Yatim Dhuafa di SMP ICMBS Sidoarjo telah terealisasikan sejak tahun 2012 hingga sekarang, yang mana semuanya tersistem mualai dari komunikasi, sumber daya, disposisi, serta struktur birokasi. 3) Implikasi kebijakan pendidikan gratis bagi yatim Dhuafa terhadap mutu pendidikan di SMP ICMBS Sidoarjo adalah meskipun SMP ICMBS Sidoarjo mampu menggratiskan biaya pendidikan hingga lulus bagi Yatim Dhuafa namun semua fasilitas penunjang keberhasilan kegiatan pembelajran telah terpenuhi dengan baik, diantaranya terkait sarana prasarana, tenaga pendidik, nilai moral yang baik, hasil ujian,spesiasi, dorongan orang tua, bisnis dan komunitas lokal, sumberdaya yang melimpah, aplikasi teknologi, kepemimpinan yang baik dan efektif, dan kurikulum yang memadai. Yangmana semua itu merupakan faktor-faktor penunjang mutu pendidikan yang baik. Dan SMP ICMBS Sidoarjo terbukti merupakan sekolah yang bermutu meskipun sekolah tersebut membebaskan biaya pendidikan bagi Yatim Dhuafa yang mana presentase siswa SMP ICMBS kategori beasiswa (bebas biaya) 60% dan 40% kategori prestasi,

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:57
Last Modified: 29 Jul 2020 03:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item