PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI SISTEM BOARDING SCHOOL DI MTs NEGERI II KEDIRI

NURILLAH, NAILA ADIN (2018) PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI SISTEM BOARDING SCHOOL DI MTs NEGERI II KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124114_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932124114_BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932124114_BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
932124114_BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932124114_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
932124114_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
932124114_BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
932124114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Boarding School Penelitian ini berlatar belakang bahwa dalam dunia pendidikan saat ini masih dianggap kurang berhasil dalam mengembangkan karakter peserta didik. Hal itu karena disekolah anak hanya sekitar tujuh sampai sepuluh jam saja, hal ini membuat mereka lebih banyak dilingkungan informal, baik dikeluarga maupun masyarakat, hal ini menggerakkan MTs Negeri II Kediri membuat gebrakan baru, yaitu dengan mengadakan program Boarding School yaitu sekolah yang bertujuan untuk membentuk karakter para peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter siswa melalui sistem Boarding School di MTs Negeri II Kediri, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam sistem Boarding School di MTs Negeri II Kediri, dan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam menanamkan pendidikan karakter siswa melalui sistem Boarding School. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu metode yang mendeskripsikan perilaku orang, tempat, atau peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam. Adapun analisis data yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulam. Dalam rangka memperoleh kesimpulan yang tepat dan objektif peneliti menggunakan dua teknik yaitu 1. triangulasi, triangulasi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu triangulasi teknik dan sumber 2. ketekunan pengamatan. Dan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan pendidikan karakter siswa melalui sistem Boarding School di MTsN II Kediri menggunakan sistem asrama dengan mewujudkan siswa yang berkualiatas unggul dibidang agama, bahasa, dan akhlak mulia. Dan dilakukan secara terintegrasi melalui berbagai program kegiatan di sekolah maupun di asrama. Program pelaksanaan pendidikan karakter tersebut mengacu pada kurikulum pengembangan yang dilaksanakan secara bertahap dimulai dari kelas VII, VIII dan IX, serta dilakukan secara rutin setiap hari, minggu, bulan, bahkan tahunan, seperti kegiatan pengembangan diri yang meliputi tahfidz Al Qur’an, Khitobah, ilqa’al lughah, muhadaharah dan pengembangan bahasa. 2. Nilai- nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam sistem Boarding School di MTs Negeri II Kediri ini meliputi (a) kemadirian (b) disiplin (c) religus (d) menghargai prestasi (e) peduli lingkungan. 3. Metode yang digunakan dalam menanamkan pendidikan karakter siswa melalui sistem Boarding School ialah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 22 Jul 2020 01:35
Last Modified: 22 Jul 2020 01:35
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item