UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MA BOARDING SCHOOL MAARIF NU KOTA BLITAR SKRIPS

MUNIR, MISBAKHUL (2018) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MA BOARDING SCHOOL MAARIF NU KOTA BLITAR SKRIPS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108214_Pra Bab.pdf

Download (405kB)
[img] Text
932108214_Bab I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932108214_Bab II.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932108214_Bab III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
932108214_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
932108214_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
932108214_Bab VI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
932108214_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Pengembangan Kurikulum Upaya kepala sekolah adalah suatu yang sangat mendasar karena terkait akan dibawa kemana sebuah institusi sekolah tersebut, hal yang paling utamanya kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum, sekolah akan berhasil manakala kurikulum yang diterapkan sesuai dengan kebijakan yang telah disepakati bersama dan kurikulum tersebut dilasanakan untuk memenuhi kebutuhan yang ada dimasyarakat, Dalam pengembangan kurikulum di sekolah MA Boarding School Maarif NU Kota Blitar ini kurikulum yang ditekankan ialah muatan lokal dalam pembahasan kurikum kitab kuning seperti ilmu nahwu, shorof dan pembelajan kitanb kuning yang lainnnya. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini ialah: 1. Untuk mengetahu perencanaan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum di MA Boarding School Maarif NU Kota Blitar, 2. Untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam implementasi pengembangan kurikulum di MA Boarding School Maarif NU Kota Blitar, 3. Untuk mengetahui evaluasi kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum di MA Boarding School Maarif NU Kota Blitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, untuk pengecekan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan. Dalam hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa: 1. Upaya kepala sekolah dalam hal pengembangan kurikulum yakni pada sekolah MA Boarding School Maarif NU Kota Blitar ini pengembangan kurikulum muatan lokal yang berasaskan kitab kuning. 2. Pembentukan tim khusus yang membuat perangkat pembelajaran kitab kuning. 3. Metode yang digunakan ialah metode-metode seperti pondok pesantren salaf dan lain sebagainya. 4. Dalam pembelajaran Al Qur’an pada MA boarding school ini mengundang pendidik yang berasal dari institusi lain yakni pondok pesantren Nurul Iman Garum Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:55
Last Modified: 09 Jul 2020 03:55
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item