Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Kediri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Nadhiroh, Umi (2019) Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Kediri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933406112-prabab.pdf

Download (839kB)
[img] Text
933406112-bab1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
933406112-bab2.pdf

Download (520kB)
[img] Text
933406112-bab3.pdf

Download (363kB)
[img] Text
933406112-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
933406112-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
933406112-bab6.pdf

Download (198kB)
[img] Text
933406112-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
933406112-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses modernisasi hampir merambah di semua bidang kehidupan, dan sebagai produk modernitas, globalisasi telah menawarkan kemudahan bagi manusia. Seperti yang kita ketahui perilaku konsumtif sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Dahulu masyarakat tidak terlalu mementingkan urusan penampilan dan gaya hidup, tapi kini urusan penampilan dan gaya hidup mulai menjadi perhatian serius. Sebelum terjadi budaya konsumtif, awalnya masyarakat hanya mengkonsumsi barang untuk kebutuhan produksi dan konsumsi yang cukup. Namun sekarang masyarakat lebih suka mengkonsumsi segala sesuatunya dengan berlebihan. Tak terkecuali yang terjadi pada kalangan mahasiswa. Hal ini juga dirasakan oleh mahasiswa IAIN Kediri. Oleh karena itu dibuatnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif yang terjadi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini sebanyak 15 mahasiswa yang dapat mewakili mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam di IAIN Kediri. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data atau penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triagulasi data Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya deskripsi mengenai perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Kediri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berdasarkan indikator perilaku konsumtif menurut Sumartono secara umum cenderung tergolong perilaku konsumtif impulsif, hal ini ditandai dengan adanya indikator-indikator yaitu diantaranya membeli produk karena iming-iming hadiah, membeli produk karena kemasnnya menarik, membeli produk demi menjaga penampilan diri, membeli produk atas pertimbangan harga dan bukan atas dasar manfaat atau kegunaan, membeli produk hanya sekedar menjaga simbol status, memakai produk karena unsur konformitas terhadap model yg mengiklankan, munculnya penilaian bahwa membeli produk dengan harga mahal akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi dan mencoba lebih dari dua produk sejenis dengan merek yang berbeda. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dan mendorong perilaku konsumtif baik internal yaitu diantaranya yang paling dominan adalah motivasi, harga diri, dan konsep diri, maupun faktor eksternal yang dominan yaitu faktor kelompok-kelompok sosial dan referensi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 16 Mar 2020 02:25
Last Modified: 16 Mar 2020 02:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item