Pembelajaran Guru Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN Lengkong Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015

Rohmah, Firdausi Cholifatur (2015) Pembelajaran Guru Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN Lengkong Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112711-prabab.pdf

Download (580kB)
[img] Text
932112711-bab1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
932112711-bab2.pdf

Download (443kB)
[img] Text
932112711-bab3.pdf

Download (316kB)
[img] Text
932112711-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
932112711-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
932112711-bab6.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932112711-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
932112711-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau lingkungan yang mendukung yang memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Pembelajaran yang banyak digunakan guru Akidah Akhlaq selama ini cenderung monoton, tekstual. Sehingga siswa kehilangan motivasi belajar. Oleh karena itu, guru aqidah akhlaq perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan motivasi siswa agar siswa senantiasa senang dan bersemangat dalam pelajaran tersebut dan juga mampu mengamalkan apa yang diperoleh dari pembelajaran tersebut. Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTsN Lengkong. 2). Sejauhmana pembelajaran aqidah akhlaq dalam memberi motivasi belajar siswa di MTsN Lengkong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan prilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1). Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTsN Lengkong yakni melalui Perencanaan pembelajaran adalah bentuk strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlaq siswa, guru tidak hanya menyusun perangkat pembelajaran akan tetapi juga mempersiapkan psikologi guru, merencanakan langkah antisipasi jika ada hal yang tidak sesuai dengan perencanaan begitu juga dengan menata penampilan guru. 2). Pembelajaran guru aqidah akhlaq dalam memberi motivasi belajar siswa di MTsN Lengkong yaitu melalui: pemberian nasehat pada setiap jam pendidikan aqidah akhlaq pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok/presentasi, pemberian penghargaan/hadiah, pemberian angka atau nilai. Dari pemberian motivasi anak-anak bisa memanfaatkan dan mengamalkan di rumah, sekolah dan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:27
Last Modified: 31 Dec 2019 01:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item