Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Akhlak melalui Proses Pembelajaran (Studi Kasus Siswa Kelas VII di SMPN 1 Nglegok Blitar)

Ansori, Muhtar Lutfil (2015) Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Akhlak melalui Proses Pembelajaran (Studi Kasus Siswa Kelas VII di SMPN 1 Nglegok Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112611-prabab.pdf

Download (889kB)
[img] Text
932112611-bab1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
932112611-bab2.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932112611-bab3.pdf

Download (317kB)
[img] Text
932112611-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
932112611-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
932112611-bab6.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932112611-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932112611-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat dalam modernisasi dan globalisasi yang penuh tangtangan. Berbagai fenomena kerusakan moral terjadi ditengah masyarakat dan bangsa kita. Anak remaja sebagai calon penerus bangsa saat ini semakin menghawatirkan. Hal ini disebabkan karena adanya kebebasan dalam pergaulan dan kurangnya pengetahuan agama. Maka dari itu dibutuhkan pemberian pendidikan pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan akhlak siswa sehingga mampu bersikap responsif terhadap persoalan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan penanaman akhlak guru PAI dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di SMPN 1 Nglegok, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan Akhlak guru PAI melalui proses pembelajaran siswa kelas VII di SMPN 1 Nglegok. Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan atau sajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusion). Pengecekkan keabsahan data yaitu Perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, tringgulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penanaman akhlak dalam proses pembelajaran siswa kelas VII SMPN 1 Nglegok yaitu (1) Dengan memberikan teladan kepada siswa (Uswatun Hasanah), dengan memberikan nasihat, dengan pembiasaan (ibadah), dengan praktek materi pelajaran yang udah usai diajarkan, dengan memberikan ceritah dan kisah, dengan memberikan hukuman. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan akhlak melalui proses pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nglegok yaitu Faktor Pendukung, adanya guru berkompeten, adanya sarana peribadatan yang lengkap, adanya dukungan dan motovasi dari keluarga., adanya faktor lingungan luar sekolah (Masyarakat), media masa, kekurangan jam pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:21
Last Modified: 31 Dec 2019 01:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item