Husna, Asmaul (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kecerdasan Spiritual Siswa SMP PGRI I Perak Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112410-pranbab.pdf Download (602kB) |
|
Text
932112410-bab1.pdf Download (385kB) |
|
Text
932112410-bab2.pdf Download (501kB) |
|
Text
932112410-bab3.pdf Download (535kB) |
|
Text
932112410-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
932112410-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
|
Text
932112410-bab6.pdf Download (373kB) |
|
Text
932112410-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kecerdasan spiritual atau Spiritual Quotient (SQ) adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan masalah makna dan nilai menempatkan perilaku dan hidup manusia dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya; menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. SQ juga merupakan kecerdasan tertinggi manusia yang menjadi landasan utama untuk dapat memfungsikan IQ dan SQ secara efektif. Bagi seorang guru atau pendidik, kecerdasan spritual mempunyai fungsi utama dalam membimbing, mendidik, dan mengarahkan peserta didik dalam pembelajaran.Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:(1) Program apa yang ada di SMP PGRI I Perak yang dapat Membina Kecerdasan Spiritual Siswa? ( 2) Apa Saja Manfaat dari program keagamaan di SMP PGRI I Perak dalam membina kecerdasan spiritual siswa? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual siswa SMP PGRI I Perak Jomabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif beruapa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri. Data diperolah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Sedangkan data analisis dapat meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1) Program apa yang ada diSMP PGRI I Perak dalam membina kecerdasan spiritual siswa, Yaitu melalui program seperti sholat dhuha, holat dhuha, istighosah yang dilakukan untuk kelas 3 seminggu sekali sedangkan untuk kelas 1 dan 2 dilakukan sebulan sekali, tadarus Al-Qur’an yang dirangkum dalam materi pelajaran, dan sholawat banjari. 2) manfaat program keagamaan SMP PGRI I Perak dalam membina kecerdasan spiritual siswa di SMP PGRI I Perak Jombang adalah sudah adanya peningkatan dalam menjalankan kegiatan yang telah diprogramkan di SMP PGRI I 3) Faktor pendukung program pendidikan agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual siswa di SMP PGRI I Perak Jombang adalah adanya kerjasama yang solid antara Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan sarana prasarana yang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 01:16 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 01:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/998 |
Actions (login required)
View Item |