Efektivitas Fatwa MUI NO:1/MUNAS VII/MUI/5/2005 TENTANG Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Kediri

Nurcahyanti, Yulis Ainun (2023) Efektivitas Fatwa MUI NO:1/MUNAS VII/MUI/5/2005 TENTANG Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931211519_ prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
931211519_bab1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
931211519_bab2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
931211519_bab3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
931211519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
931211519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
931211519_bab6.pdf

Download (4MB)
[img] Text
931211519_daftarpustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

YULIS AINUN NURCAHYANTI, Dosen Pembimbing Dr. Hj. NURUL HANANI, MHI dan MOH. BADRUS SOLICHIN, S.Pd., MA, Efektivitas Fatwa MUI No:1/MUNAS VII/MUI/5/2005 tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Kediri, Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Efektivitas, Kekayaan Intelektual, Produk Imitasi, Fatwa MUI NO:1/MUNAS VII/MUI/5/2005. Produk imitasi merupakan produk hasil dari pembajakan, tiruan, ataupun pemalsuan dari suatu karya original dari seorang pencipta atau pemilik hak sehingga menimbulkan banyak kerugian. Pada umumnya, pengguna produk kurang cermat dalam memilah dan memilih dalam memutuskan menggunakan produk dalam kesehariannya. Penggunaan produk hasil pelanggaran hukum lambat laun merambah ke berbagai lapisan masyarakat, termasuk masyarakat dari kalangan berpengetahuan. Menilik persoalan tersebut, penelitian ini berkaitan dengan seberapa besar pengaruh Fatwa MUI memberikan arahan untuk turut menekan angka pengkonsumsian produk imitasi dan Efektivitas Fatwa MUI No:1/MUNAS VII/MUI/5/2005 tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan normatif-empiris, dengan penggalian informasi terjun langsung di lapangan (Field Research). Menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner dalam mengumpulkan data. Data yang telah didapatkan dianalisis secara induktif kemudian dilakukan cek keabsahan data. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pembelian produk imitasi pada kalangan mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri menunjukkan angka yang cukup tinggi, yakni 76,2% merupakan pengguna aktif produk imitasi. Tidak bertumpu pada latar belakang edukasi mahasiswa, faktor kebutuhan dan keperluan membuat mahasiswa terdorong hatinya untuk mengkonsumsi produk imitasi. Meskipun di sisi lain mereka juga gemar membeli produk original, namun produk imitasi juga menjadi primadona bagi mereka karena penawarannya tidak kalah menarik. Tergambar bahwa mayoritas mahasiswa masih kurang memperhatikan substansi produk, apakah berunsur halal atau haram. Dengan mengidentifikasi indikator efektivitas hukum pada fatwa MUI No:1/MUNAS VII/MUI/5/2005 tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, menunjukkan bahwa fatwa MUI ini baik dari segi kaidah hukum, penegak hukum, hingga aspek masyarakat dan budaya masih ditemui banyak kekurangan sehingga belum menunjukkan derajat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180115 Intellectual Property Law (Hukum Kekayaan Intelektual)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yulis Ainun Nurcahyanti
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:42
Last Modified: 14 Sep 2023 03:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9973

Actions (login required)

View Item View Item