Fauzi, Rizqi (2015) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tunagrahita Di SMPLB Dharma Wanita Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112111-prabab.pdf Download (654kB) |
|
Text
932112111-bab1.pdf Download (480kB) |
|
Text
932112111-bab2.pdf Download (487kB) |
|
Text
932112111-bab3.pdf Download (370kB) |
|
Text
932112111-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
932112111-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
932112111-bab6.pdf Download (155kB) |
|
Text
932112111-Daftar Pustaka.pdf Download (445kB) |
|
Text
932112111-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
Abstract
Pendidikan diartikan sebagai suatu proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan. Dalam berprosesnya disebut belajar, belajar agar dapat tercapai dengan tujuan yang akan dicapai memerlukan sebuah pengelolaan, metode dsn media pembelajaran yang efektif. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana pengelolaan kelas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Dharma Wanita Grogol. 2). Metode apa yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Dharma Wanita Grogol. 3). Media Apa yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Dharma Wanita Grogol. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus. data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). Dalam pengelolaan kelas sebelum melakukan proses pembelajaran guru melakukan asessmen guna pengambilan kesimpulan untuk perencanaan pembelajaran selanjutnya. Pada proses perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam guru merencanakan hal yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran yaitu rencana program pembelajaran dan perencanaan pembelajaran individual. 2). Metode pembelajaran pada siswa tunagrahita di SMPLB-C menggunakan metode ceramah, metode pengulangan, metode pembiasaan, dan metode Tanya jawab, metode tugas dan resitasi dan pembelajaran individual dan metode yang dianggap paling efektif dalam pembelajaran pendidikan agama islam adalah metode driil (pengulangan) dan metode pembiasaan. 3). Media yang digunakan dalam pembelajaran siswa tunagrahita di SMPLB-C Dharma wanita grogol Kediri adalah media audio visual dan visual, dan siswa tunagrahitapun merasa tertarik dengan penggunaan media tersebut yaitu dengan mereka merasa senang dan antusias mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 00:23 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 00:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/996 |
Actions (login required)
View Item |