Badriyah, Lailatul (2015) Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X UPTD SMA Negeri 1 Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111411-prabab.pdf Download (815kB) |
|
Text
932111411-bab1.pdf Download (375kB) |
|
Text
932111411-bab2.pdf Download (652kB) |
|
Text
932111411-bab3.pdf Download (376kB) |
|
Text
932111411-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932111411-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text
932111411-bab6.pdf Download (260kB) |
|
Text
932111411-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
Abstract
Kemandirian belajar adalah, kecenderungan siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar bebas dari pengendalian pihak luar, dengan kesadaran bahwa belajar adalah tugas dan tanggung jawabnya. Kemandirian belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar (ekstern) salah satunya adalah pola asuh demokratis, yaitu pola pengasuhan orang tua yang menerapkan kontrol tegas atas perilaku anak, tetapi juga menekankan kemandirian dan individualitas anak. Selain itu kemandirian juga dipengaruhi oleh faktor dari dalam yaitu kecerdasan emosional, yaitu kecerdasan yang melibatkan kemampuan untuk memantau perasaan emosi, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pola Asuh Demokratis Siswa Kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Plosoklaten, 2) Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Plosoklaten, 3) Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Plosoklaten, 4) Ada tidaknya Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Plosoklaten, 5) Ada tidaknya Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Plosoklaten, 6) Ada tidaknya Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Plosoklaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Plosoklaten yang berjumlah 190 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 127 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu bahwa pola asuh demokratis siswa berada pada kategori tinggi dengan melihat mean 126,86 yang berada pada rentang 112-135, kecerdasan emosional siswa berada pada kategori tinggi dengan melihat mean 123,06 yang berada pada rentang 109-132, dan kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan melihat mean 121,71 yang berada pada rentang 115-139. Kemudian untuk hasil analisis antara pola asuh demokratis terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,332 dan koofisien determinasi sebesar 11%, untuk hasil analisis antara kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,464 dan koofisien determinasi sebesar 21,5%, dan untuk hasil analisis antara antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,493 dan koofisien determinasi sebesar 24,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 01:03 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 01:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/993 |
Actions (login required)
View Item |