Anjarwati, Dewi (2015) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMK Kartanegara Kediri melalui Kegiatan Ta’mir Mushola. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111311-prabab.pdf Download (517kB) |
|
Text
932111311-bab1.pdf Download (459kB) |
|
Text
932111311-bab2.pdf Download (547kB) |
|
Text
932111311-bab3.pdf Download (297kB) |
|
Text
932111311-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
Text
932111311-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
932111311-bab6.pdf Download (259kB) |
|
Text
932111311-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text
932111311-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Banyaknya tingkah laku yang bertentangan dengan nilai agama pada diri siswa terjadi karena kurang adanya kemampuan untuk mengendalikan perilaku, seperti halnya diSMK Kartanegara Kediri. Peran guru PAI di sekolah sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan self control siswa agar mampu mengendalikan diri dari tingkah laku yang bertentangan dengan nilai agama. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat self control siswa SMK Kartanegara Kediri, 2) Untuk upaya guru PAI dalam meningkatkan self controlbaik behavioral control, cognitive control, dan desicional control siswa SMK Kartanegara Kediri melalui kegiatan ta’mir mushola, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan self control siswa SMK Kartanegara Kediri melalui kegiatan ta’mir mushola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Sumber data diperoleh dari guru PAI, guru BK, dan siswa. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Tingkat self control siswa SMK Kartanegara Kediri masih dikatakan rendah karena karena masih banyak siswa yang belum mampu mengontrol perilaku (behavioral control), menafsirkan segala peristiwa melalui berbagai pertimbangan yang positif (cognitive control), serta mengambil keputusan sendiri berdasarkan sesuatu yang diyakini baik untuk dilakukan (desicional control). 2) Upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa SMK Kartanegara Kediri melalui kegiatan ta’mir mushola meliputi: kajian tahsin al-qur’an dengan memberikan bimbingan membaca al quran dan bimbingan sholat untuk meningkatkan behavioral controldan cognitive control siswa,pengajaran dasar-dasar pelaksanaan ibadah dalam agama Islam dengan memberikan bimbingan tata cara adzan dan khutbah Jumat untuk meningkatkan cognitive control siswa, serta mengadakan dialog interaktif dengan siswa mengenai masalah remaja dalam majelis ta’lim untuk meningkatkan desicional control siswa. 3) Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan self control siswa SMK Kartanegara Kediri melalui kegiatan ta’mir mushola yaitu: adanya kerja sama antara guru dan karyawan dalam mengawasi perilaku siswa, serta adanya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan ta’mir mushola yang diadakan setiap hari Jumat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya pengalaman beragama dalam diri siswa, kurangnya kepedulian orang tua dan keluarga dalam mengawasi segala perilaku anaknya, serta faktor lingkungan masyarakat yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 00:58 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 00:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/992 |
Actions (login required)
View Item |