Izzudin, Ahmat (2015) Implementasi Bimbingan Karir dalam Pembinaan Karir Siswa Di MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111010-prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932111010-bab1.pdf Download (390kB) |
|
Text
932111010-bab2.pdf Download (358kB) |
|
Text
932111010-bab3.pdf Download (545kB) |
|
Text
932111010-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
932111010-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
932111010-bab6.pdf Download (161kB) |
|
Text
932111010-Daftar Pustaka.pdf Download (269kB) |
|
Text
932111010-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kebingungan siswa terhadap apa yang akan mereka lakukan ketika mereka lulus nanti adalah hal yang banyak terjadi pada masyarakat kita. Mereka terkadang bingung antara memilih melanjutkan pendidikan maupun langsung terjun ke dunia pekerjaan. Salah satu program yang ada di sekolah adalah dalam hal Bimbingan Karir, dengan tujuan memberikan pemahaman siswa terkait bagaimana nantinya ketika mereka telah lulus, apakah bekerja ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi.Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana implementasi bimbingan karir dalam pembinaan karir yang ada di MAN 3 Kediri? 2. Apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi bimbingan karir dalam pembinaan karir yang ada di MAN 3 Kediri? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu: 1. Dalam implementasi bimbingan karir dimulai dengan perencanaan yang disusun oleh koordinator guru BK bersamaan dengan seluruh guru BK yang ada, selain itu dalam hal perencanaan program yang ada berpatokan pada hasil yang diperoleh dari buku IKMS (Identifikasi Kebutuhan Masalah Siswa) yang diperoleh pada awal ajaran baru.Waktu pelaksanaan bimbingan karir adalah ketika jam upacara bendera hari senin, tetapi hanya sebagian kelas saja yang melaksanakan bimbingan, karena anak yang lain mengikuti upacara bendera. Selain bimbingan diadakan dikelas, bimbingan juga dilakukan di ruang BK, akan tetapi bimbingan lebih bersifat individu namun hal ini malah yang paling disukai oleh siswa. Sedangkan penyampaian materi mengunakan media LCD proyektor. Dan materi yang banyak disampaikan adalah terkait dengan motivasi-motivasi serta tentang pendidikan lanjut. 2. Sedangkan faktor yang mendukung dari pelaksanaan bimbingan karir adalah ketersediaan fasilitas yang memadai, persepsi siswa yang baik, kompetensi guru BK yang hampir semua adalah lulusan dari jurusan BK, hanya satu saja yang dari jurusan psikologi, serta tersedianya ruang khusus untuk konsultasi pribadi. Sedangkan faktor yang menghambat dalam pelaksanaan program adalah tidak tersedianya waktu yang khusus seperti pelajaran yang lain, jadi pelaksanaan bimbingan dilaksanakan ketika jam upacara bendera yakni beberapa kelas mengikuti bimbingan di kelas masing-masing serta jumlah guru BK yang hanya 5 orang jika dibandingkan dengan banyaknya siswa yang berjumlah 1200an anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 00:49 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 00:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/990 |
Actions (login required)
View Item |