Nafi’in, Jami’un (2015) Konsep Pendidikan Anak Dalam Perpektif Al quran (Surat Luqman Ayat 12-19, 2015). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110911-prabab.pdf Download (633kB) |
|
Text
932110911-bab1.pdf Download (523kB) |
|
Text
932110911-bab2.pdf Download (841kB) |
|
Text
932110911-bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
|
Text
932110911-bab4-5.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
|
Text
932110911-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin membabi buta kearah globlasasi yang banyak sekali berpengaruh negatif pada diri anak. Dan keimanan lah yang dapat membendung dampak negatif ini, Maka dari itu pendidikan islam sangat diperlukan dalam kasus ini. Yaitu pendidikan yang bersumber dari alquran dan hadits. Dan penulis memilih surat luqman ayat 12-19 karena didalamnya sarat akan petuah untuk membangun akhlak serta meningkatkan keimanan terhadap diri anak.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah(1) Bagaimana konsep pendidikan anak menurut para ahli (2) Bagaimana konsep pendidikan anak menurut al quran surat luqman ayat 12-19? (3) Bagaimana aktualisasi pengembangan konsep pendidikan anak di era globalisasi? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, Data yang diperoleh dengan cara pengkajian terhadap literatur-literatur kepustakaan, Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode analis sisi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Konsep pendidikan anak merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara sadar, sengaja, seksama terencana dan bertujuan yang dilaksanakan oleh orang dewasa dalam artian disini memiliki bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan untuk menyampaikannya kepada anak secara bertahap. Serta apa yang disampaikan itu sedapat mungkin dapat menolong serta mengembangkan potensi yang ada pada diri anak sebagai bekal untuk melalui hidup pribadi, bermasyarakat dan bernegara.(2).Konsep Pendidikan Anak dalam perspektif al quran surat luqman ayat 12-19 menggambarkan penekanan materi dan metode pendidikan anak. Materi pendidikan yang diajarkan meliputi pendidikan akidah, syariah, dan akhlak. Adapun metode yang digunakan adalah dengan maw’idah (nasihat). (3). Aktualisasi pengembangan konsep pendidikan anak di era globalisasi ini adalah dengan melakukan pengembangan kurikulum agama islam berbasis life skill, Melakukan pendekatan kontekstual pembelajaran PAI pada aspek keimanan, Menerapkan pengintegrasian iman dengan iptek.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 00:33 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 00:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/989 |
Actions (login required)
View Item |