Munir, Moh Misbachul (2023) Konsep Modernisasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hamka Dan Azyumardi Azra. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
21501029_prabab.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (1MB) |
|
Text
21501029_bab1.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (552kB) |
|
Text
21501029_bab2.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (207kB) |
|
Text
21501029_bab3.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (292kB) |
|
Text
21501029_bab4.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (263kB) |
|
Text
21501029_bab5.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (99kB) |
|
Text
21501029_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only until September 2024. Download (248kB) |
Abstract
Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter individu menuju kehidupan yang lebih baik. Namun, dengan adanya perkembangan zaman menjadikan pendidikan Islam perlu untuk melakukan transformasi dan pembaharuan terkait beberapa aspek didalamnya. Hal ini bertujuan agar pendidikan Islam dapat beradaptasi dengan kondisi dan perkembangan zaman yang ada saat ini, sehingga tidak terjadi adanya ketertinggalan zaman bagi pendidikan Islam. Adapun tokoh yang kita kenal sebagai pembaharu pendidikan Islam ialah Hamka dan Azyumardi Azra. Hamka dan Azyumardi Azra ialah dua tokoh masyhur yang dikenal atas pemikiran-pemikirannya yang cenderung terfokus pada modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk memahami konsep modernisasi pendidikan Islam perspektif Hamka dan Azyumardi Azra, serta melakukan analisis perbandingan dan relevansi pemikiran kedua tokoh dengan sistem pendidikan Islam saat ini. Penelitian ini termasuk dalam kategori libray research yang menggunakan metode analisis historis-filosofis dari 2 buku sumber utama karya Hamka dan Azyumardi Azra. Sehingga dalam melakukan penelitian, penulis berusaha mengumpulkan data dan informasi melalui sumber utama dan beberapa sumber sekunder lainnya. Berdasarkan pada hasil analisis data dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pemikiran Hamka dan Azyumardi Azra tentang modernisasi pendidikan Islam terdapat banyak kesamaan meskipun terdapat beberapa perbedaan pada salah satu aspek. Hal ini disebabkan karena kedua tokoh merupakan pakar pendidikan Islam hidup di zaman yang berbeda. Meskipun demikian, pemikiran Hamka dan Azyumardi Azra masih sangat relevan dengan sistem pendidikan yang ada saat ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOH. MISBACHUL MUNIR |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 08:53 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 08:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9884 |
Actions (login required)
View Item |